Technology Trends

AFTECH Dukung Perlindungan Data Pribadi bagi Industri Fintech

Sebagai upaya mendorong inovasi, pertumbuhan, dan tata kelola yang baik di sektor keuangan digital dan fintech Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI menyelenggarakan The 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023, yang merupakan bagian dari Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023, dengan mengusung tema ‘Accelerating Growth: Promoting Sustainable Integration and Collaboration for A Stronger Digital Economy’.

Dalam mendukung terhadap perkembangan layanan keuangan digital dan industri fintech di Indonesia, ISACA Indonesia Chapter bersama penyelenggara dan pendukung layanan keuangan digital dan fintech berkomitmen untuk meningkatkan inklusi keuangan, menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dan mendukung stabilitas sektor keuangan.

Komitmen tersebut tertuang dalam salah satu agenda dari kegiatan IFSE 2023 pada Seremonial Penandatanganan Project Charter: Penyusunan Pedoman Kepatuhan Pelindungan Data Pribadi bagi Industri Fintech.

Menurut Syahraki Syahrir, President of ISACA Indonesia Chapter, pada kegiatan tersebut, sebagai asosiasi profesional yang fokus di IT GRC, keamanan siber, dan perlindungan fata pribadi, pihaknya mendukung penerapan UU Pelindungan Data Pribadi yang diterbitkan tahun 2022 lalu. Saat ini masih terdapat berbagai tantangan dan kendala dalam implementasinya di berbagai sektor. Dengan MoU ini, diharapkan n dapat berkontribusi membantu perkembangan fintech di Indonesia khususnya terkait dengan peningkatan keamanan siber dan pelindungan data pribadi.

Dengan kolaborasi antara ISACA Indonesia Chapter dan Asosiasi Fintech Indonesia, menyatakan mendukung terhadap implementasi penerapan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi bagi seluruh penyelenggara layanan keuangan digital dan industri fintech di Indonesia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved