Technology Trends

Kingston Kuasai 28% Pangsa Pasar SSD

Kingston

TrendForce menobatkan Kingston Technology sebagai pemasok saluran SSD pihak ketiga teratas pada tahun 2022; memimpin pengiriman SSD saluran untuk keenam kalinya berturut-turut. Berdasarkan data milik TrendForce, Kingston menyumbang sebanyak 28% dari total 114 juta unit yang dikirimkan pada tahun 2022.

Menurut temuan tersebut, pasar global SSD memperbaiki dinamika pasokan dan permintaannya pada tahun 2022. Ini mengikuti penyelesaian dalam kelangkaan IC (integrated circuit) yang menghambat pasar pada tahun 2021. Meskipun sudah terselesaikan, pengiriman SSD global mengalami penurunan di mana hanya mengirim 114 juta unit pada tahun 2022 – penurunan tersebut sebesar 10,7% dari tahun sebelumnya.

Meski demikian, Kingston tetap menjadi pemimpin pengiriman SSD teratas pada tahun 2022 dengan menjaga keunggulan serta adanya kenaikan pangsa pasar dibandingkan tahun 2021. Lima pemasok pihak ketiga teratas (non-semiconductor) menyumbang hampir 60% dari total pengiriman pada tahun 2022. Hasil ini memperkuat posisi Kingston sebagai pemimpin dalam produksi SSD, sedangkan pemasok kedua hanya menyumbang sebesar 9% dari total pasar.

“Sejak awal, Kingston tetap menjaga komitmen untuk melayani pelanggan dan mitra saluran kami di seluruh dunia. Melalui hubungan yang kuat dan langgeng ini, bisnis SSD kami telah mengalami pertumbuhan luar biasa. Temuan terbaru dari TrendForce juga menjadi bukti akan dedikasi dan kerja keras seluruh tim,” ujar Velma, Juru Bicara Kingston.

Dengan ekonomi global masih mengalami kesulitan pada tahun 2023, di mana pengiriman notebook dan desktop menghadapi keterbatasan, produsen modul secara strategis mengelola beban inventaris yang mahal dengan menyesuaikan diri terhadap persaingan harga dalam strategi pengiriman mereka.

Ketika kuartal ketiga berakhir, sentimen pasar mengalami perubahan cepat, terutama didorong oleh pemangkasan produksi secara signifikan dari pemasok NAND Flash. Perubahan ini terutama terlihat pada dinamika biaya SSD, akhirnya memberikan keuntungan bagi produsen modul dengan inventaris biaya lebih rendah.

Permintaan untuk PCIe 4.0 NVMe SSD terus menentukan lanskap pasar, mendorong produsen modul untuk beralih secara stabil dari SATA ke PCIe. TrendForce memprediksi upgrade NVMe kemungkinan akan meningkatkan pengakuan brand dan terus meningkatkan pengiriman.

Pada tahun 2022, Kingston memperluas produknya dalam drive berkualitas dan kinerja tinggi, serta penawaran di kategori eksternal dan terenkripsi. Dengan peluncuran drive NVMe klien NV2 baru pada 2022, drive ini dengan cepat menjadi drive paling laris dalam jajaran Kingston tahun ini dengan lebih dari 12 juta unit terjual di seluruh dunia sejak peluncurannya.

Mengikuti kesuksesan Kingston FURY Renegade SSD yang memenangkan penghargaan, Kingston juga memperbarui drive tersebut untuk menyertakan opsi heatsink yang ideal untuk para gamer konsol dan PC. “Hal ini menunjukkan fokus berkelanjutan Kingston dalam mengembangkan solusi NVMe berkualitas tinggi,” kata Velma.

Selain memperluas portofolio produknya untuk selaras dengan kebutuhan pelanggan, Kingston menawarkan dukungan penjualan berkualitas dan akses ke para ahli produk dan insinyur internal. Hal ini telah menghasilkan lebih dari tiga dekade kesuksesan serta dukungan maksimal bagi pelanggan.

Posisi #1 Kingston di pasar SSD secara enam kali berturut – turut bukan hal baru, mengingat pendekatan yang sama di divisi DRAM telah membawa perusahaan menjadi pemasok modul memori pihak ketiga terbesar selama 20 tahun berturut-turut.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved