Technology SWA Online Trends

Pelajar Indonesia Menangkan Kompetisi Mobilitas Kota Cerdas di New Zealand

Tim dari UniSadhuGuna international College meraih juara pertama Kiwi Challenge

Education New Zealand Manapou ki te Ao (ENZ) bermitra dengan Auckland University of Technology (AUT) untuk mengadakan inisiatif Kiwi Challenge yakni kompetisi yang dirancang untuk menginspirasi generasi muda di Indonesia dalam kegiatan kewirausahaan dan membantu menyelesaikan masalah-masalah sosial.

Tema yang diangkat adalah ‘Reformasi mobilitas dan kota cerdas di Indonesia menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI)’. Kiwi Challenge tahun ini diikuti oleh 59 tim dari 37 sekolah dengan total peserta 269 siswa, jumlah tertinggi sepanjang berlangsungnya kompetisi.

Kelompok-kelompok tersebut diminta untuk mengirimkan entri video ke panel juri yang terdiri dari akademisi AUT dan perwakilan ENZ, yang menyeleksi dan memilih finalis. Dalam prosesnya, para peserta menerima pendampingan dari akademisi universitas di New Zealand, dan mengambil bagian dalam lokakarya untuk menyempurnakan rencana bisnis mereka. Mereka diberi kesempatan untuk merasakan lingkungan belajar di New Zealand dan memahami apa yang ditawarkan pendidikan tinggi kami untuk merencanakan masa depan.

Akademisi yang berpartisipasi adalah Dr. Taghreed Hikmet dari AUT, Dosen Senior jurusan Bisnis Internasional, Strategi, dan Kewirausahaan yang memiliki keahlian di bidang kota cerdas dan memiliki ketertarikan dalam membimbing dan menginspirasi para pemimpin muda masa depan.

Enam tim terpilih dari seluruh Indonesia mempresentasikan ide mereka di hadapan panel juri yang terdiri dari Dr. Hikmet (AUT), Ben Burrowes (Direktur Regional ENZ, Asia), dan perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (mewakili Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan), Hira Trisnoputri.

Tahun ini, UniSadhuGuna International College meraih juara pertama di final dengan ide bisnis mereka, ‘Greenlight’, sebuah perusahaan pengelolaan limbah cerdas yang bertujuan untuk menciptakan sistem pengelolaan limbah berkelanjutan, yang secara aktif melibatkan rumah tangga, dunia usaha, dan pemerintah.

Dr. Hikmet mengungkapkan kesannya melihat kemajuan dan pertumbuhan luar biasa dalam proyek, presentasi, dan kepercayaan diri para finalis secara keseluruhan. “Merupakan suatu kehormatan untuk dapat berinteraksi dengan para siswa sekolah menengah atas di seluruh Indonesia, berkontribusi terhadap semangat kewirausahaan yang didorong oleh kompetisi ini. Antusiasme untuk potensi kolaborasi dan inisiatif di masa depan muncul dalam diri saya,” Dr. Hikmet menyimpulkan dalam siaran pers di Jakarta

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved