Capital Market & Investment

Hero Group Bukukan Pendapatan Bersih Rp3,803 Triliun

PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) membukukan pendapatan bersih pada sembilan bulan pertama sebesar Rp 3,803 triliun, lebih tinggi 18% dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Laba yang dibukukan sebesar Rp 19 miliar, dibandingkan dengan kerugian sebesar Rp 85 miliar yang dibukukan pada tahun 2022 terutama disebabkan oleh keuntungan dari divestasi properti non-inti.

Ikhtisar keuangan itu dilaporkan oleh Manajemen Hero Group dalam Paparan Publik Tahunan 2023. Jaringan perusahaan ritel ini memegang teguh komitmennya untuk melayani pelanggan dengan produk-produk segar, premium dan berkualitas yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Melalui inovasi yang berkelanjutan, Hero Group ini telah memelopori pengembangan format dan inisiatif optimalisasi rangkaian produk, termasuk pembukaan gerai baru, proyek revitalisasi dan kemitraan strategis dengan lebih dari 200 UKM serta memperkenalkan portofolio yang beragam dengan lebih dari 2.100 SKU.

Guardian dalam naungan Hero Group telah melayani kebutuhan kesehatan dan kecantikan masyarakat Indonesia, memperluas jangkauannya di seluruh Indonesia dan memastikan aksesibilitas terhadap produk yang berkualitas. Pada saat yang sama, Guardian juga mempertahankan eksistensi yang baik di dunia e-commerce, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

Sementara Ikea Indonesia yang juga masuk Hero Group berkomitmen untuk menyeimbangkan antara kepuasan pelanggan dan profitabilitas bisnis, tanpa henti menyempurnakan pengalaman pelanggan dengan tetap menjunjung tinggi efisiensi operasional dan efektivitas biaya. Komitmen ini memastikan bahwa Ikea tetap menjadi tujuan utama untuk solusi kebutuhan perlengkapan rumah tangga.

Dedikasi Her Group terhadap aksesibilitas pelanggan, ditambah dengan komitmennya terhadap inovasi, keterlibatan masyarakat dan praktik-praktik berkelanjutan, memosisikan perseroan untuk terus memberikan kontribusi positif bagi lanskap Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada pelanggan, karyawan dan mitra bisnis yang telah menjadi bagian dari pertumbuhan dan transformasi Hero,” kata Hadrianus Wahyu Trikusumo, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk dalam siaran pers di Jakarta (07/12/2023). Ke depan, Hero akan terus fokus pada peningkatan produktivitas penjualan dan penerapan pengendalian biaya serta terus menjadi lebih mudah diakses oleh keluarga dan masyarakat Indonesia.

Sebagai bukti komitmen terhadap tanggung jawab sosial, Hero Group melalui Hero for Life, sebuah inisiatif komprehensif yang didedikasikan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membangun masa depan yang berkelanjutan. Berpijak pada empat pilar utama – Hero For Education, Hero For Wellness, Hero For Nature dan Hero For People- program ini selaras dengan standar ISO 26000 dan mencakup Sustainable Development Goals (SDGs) milik Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang menggarisbawahi dedikasi HeroGroup untuk menjadi perusahaan yang bertanggung jawab.

Tahun ini, agenda CSR Hero Group selaras dengan tema utama Kepresidenan G20 Indonesia, yaitu ‘recover together, recover stronger’. Dengan memprioritaskan percepatan pemulihan, keberlanjutan, dan ketahanan masyarakat, inisiatif CSR Hero Group memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Di antara beberapa hal yang menjadi sorotan di tahun 2023, kami telah membuat kemajuan luar biasa yang berkontribusi pada inisiatif CSR dan keberlanjutan kami di tahun lalu.

Hero Group, melalui Hero Supermarket, terus berupaya untuk mengurangi kehilangan dan pemborosan makanan. Bekerja sama dengan FoodCycle Indonesia dan Badan Pangan Nasional, Hero memperluas dropbox donasi makanan dan program penyelamatan makanan untuk mengatasi dan membuat perubahan nyata melalui strategi baru. Hero telah menyelamatkan 2,2 ton sampah makanan dan mendistribusikannya langsung kepada mereka yang membutuhkan.

Untuk memenuhi komitmen pengurangan sampah makanan, Hero telah bekerja sama dengan FoodCycle Farm untuk membuat kemajuan besar dalam implementasi biokonversi di gerai-gerai Hero. Melalui kolaborasi Hero x FoodCycle Farm, kami dengan sepenuh hati menerapkan konsep ekonomi sirkular, mengubah sampah menjadi sumber daya yang berharga dan menyelamatkan 3,7 ton sampah makanan serta mengurangi 9,2 ton emisi CO2.

Guardian Health & Beauty, telah membuktikan komitmennya untuk mendukung masyarakat dan memberikan dampak positif melalui Guardiancares. Melalui rangkaian kegiatan Guardiancares, kami telah mendukung anak-anak dan keluarga pra-sejahtera untuk mencapai gaya hidup sehat dengan mendonasikan 24.000 sabun mandi Guardian. Selain kampanye ini, Guardian juga menjalin kemitraan kolaboratif dengan Save The Children Indonesia untuk memfasilitasi akses air bersih bagi masyarakat pra-sejahtera di Desa Ciapus dan Patrolsari, di kota Bandung.

Sejak diinisiasi tahun 2014, inisiatif Teras Indonesia dari Ikea Indonesia telah membina jaringan yang berkembang dengan lebih dari 900 UMKM, memberdayakan mereka untuk memamerkan produk mereka dan terhubung dengan pelanggan di seluruh negeri. Kemitraan yang luar biasa ini terus berkembang, menarik lebih banyak lagi UMKM yang ingin bergabung dengan Ikea Indonesia dan memanfaatkan platform Teras Indonesia. Jangkauan inisiatif ini meluas di seluruh pulau Jawa hingga Bali, menunjukkan komitmen teguh Ikea Indonesia untuk mendukung bisnis lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved