Marketing Trends

Sambal Bakar Indonesia Lega Kantongi Sertifikat Halal

Setelah berdiri pada Juli 2022 lalu, rumah makan Sambal Bakar Indonesia kini resmi mendapatkan sertifikat Halal. Dengan telah dikantonginya logo halal MUI tersebut, Sambal Bakar Indonesia ingin menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan kuliner berkualitas dan layanan optimal bagi masyarakat Indonesia.

Sambal Bakar Indonesia didirikan dan dikembangkan oleh sekelompok anak muda kreatif yaitu Richard Theodore selaku Chief Executive Officer, Benjamin Master Adhisurya (Iben Ma) sebagai Director Of Corporate Communication & Relations, Bara Al Azis jadi Director of Operation and Production, Renaldo Akhira sebagai Director of Marketing and Branding, serta Faraz Nazari selaku Director of Building and Maintenance.

Di usia Sambal Bakar yang baru menginjak 1,5 tahun, popularitasnya terus mencuat, bahkan telah menjadi salah satu lokasi kuliner favorit masyarakat Indonesia. Apalagi, restoran ini menghadirkan berbagai makanan khas Indonesia yang banyak digemari, mulai dari sambak ayam, sambak lele, sambak kulit, sambak telur barendo, sambak paru, es timun serut, es lidah buaya, es pisang ijo, dan berbagai menu lainnya yang menggugah selera.

Menu lain juga menyediakan tiga jenis sambal yang dibakar dengan cita rasa berbeda, yakni Sambal Bakka (sambal tomat), Sambal Barra (sambal bawang), dan Sambal Gajja (sambal ijo).

Saat ini, Sambal Bakar Indonesia kini telah resmi mendapatkan sertifikat Hala MUI. Adanya sertifikat dan pencantuman logo halal memang menjadi salah satu pertimbangan utama masyarakat Indonesia saat membeli makanan dan minuman. Hal ini sejalan pula dengan laporan dari perusahaan riset pasar Populix yang bertajuk ‘Insights and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia’ beberapa waktu lalu..

Survei Populix tersebut menemukan bahwa 93 persen responden mengatakan pencantuman logo halal pada produk makanan merupakan hal yang sangat penting ketika membeli sebuah produk. Dimana, 75 persen konsumen akan merasa aman dan merasa adanya jaminan kualitas mutu ketika membeli produk berlogo halal (63 persen).

Pemerintah melalui Kementerian Agama juga telah menetapkan per tanggal 17 Oktober 2024, seluruh produk terutama makanan dan minuman harus sudah memiliki sertifikat halal.

Benjamin mengatakan dengan telah ditetapkan 100 persen halal, dia optimistis Sambal Bakar Indonesia dapat terus berkembang dan semakin dipercaya oleh konsumen, tidak hanya di Indonesia tetapi juga hingga mancanegara.

“Merespons kebutuhan pelanggan dan dilandaskan komitmen, kami akhirnya bisa mendapatkan sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ini menjadi simbol integritas komitmen kami untuk selalu memberikan makanan berkualitas serta pelayanan dan kepuasan terbaik kepada pelanggan,” jelas pria yang akrab disapa Iben itu (8/12/2023) dengan pengikut hingga 21,8 juta di TikTok.

Meskipun harga menu yang ditawarkan relatif ramah di kantong, tetapi pihaknya memastikan seluruh proses produksi di Sambal Bakar Indonesia selalu memperhatikan nilai kebersihan, termasuk food safety, dan food quality yang secara pabrikan menggunakan teknologi tinggi.

Sementara itu, Bara menyebut pihaknya telah memenuhi syarat mendapatkan logo halal dari MUI. Tak hanya dari segi bahan makanan, tetapi mulai dari suplier, cara pengolahan, alat yang digunakan, hingga nama menu di Sambal Bakar Indonesia semuanya sudah lulus verifikasi Halal MUI.

Menurutnya, untuk mendapatkan sertifikat halal tidaklah mudah apalagi Sambal Bakar Indonesia memiliki central kitchen dengan banyak cabang dan berbagai variasi menu. Dimana masing-masing cabang dan variasi menu tersebut harus dipastikan seluruh prosesnya memenuhi ketentuan halal. “Jadi sangat tidak mudah untuk mendapatkan ini. Bahkan, kami telah menyiapkan tim sukses halal yang sudah bekerja keras dalam tiga bulan ini karena komitmen kami tinggi untuk memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan. Alhamdulillah kini kami telah mendapatkan sertifikasi tersebut dari MUI,” tuturnya.

Eko Prayitno Pengawas di Perkumpulan Rumah Produk Halal Rumah Halal yang ikut memberikan pendampingan berujar, sekarang masyarakat jangan ragu karena Sambal Bakar Indonesia sudah resmi halal.

Hingga saat ini, Sambal Bakar Indonesia telah memiliki 19 outlets dan akan segera menambah sejumlah outlet lagi di berbagai kota di Indonesia. Nantinya seluruh gerai Sambal Bakar Indonesia akan dicantumkan logo halal.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved