Profil Profesional Women Business Leaders

Elly Kohardjo, Srikandi Erajaya di Beauty & Wellness

Elly Kohardjo, CEO Erajaya Beauty & Wellness (Foto: Dok. Erajaya Grup)

Erajaya Group melakukan diversifikasi bisnis di tahun 2020. Saat itu kita semua sedang dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19. Sebagai perusahaan yang agile dan mampu beradaptasi di lingkungan apapun, kondisi pandemi tersebut justru menjadi stimulus dan momentum yang tepat untuk menghadirkan bisnis beauty & wellness di Indonesia, karena masyarakat menjadi lebih sadar tentang kesehatan dan pentingnya memiliki gaya hidup yang mendukung pola hidup sehat.

Elly Kohardjo CEO Erajaya Beauty & Wellness melihat bahwa sampai kapan pun bisnis industri kesehatan tidak akan mati, mengingat kesehatan merupakan kebutuhan utama masyarakat dan mereka akan terus berusaha untuk menjadi sehat. “Saya tidak ingin melewatkan kesempatan ini yang sekaligus menjadi tantangan baru bagi karier saya setelah lebih dari 20 tahun hanya fokus di bisnis gadget. Diberikan kepercayaan yang amat besar, memotivasi saya untuk memberikan lebih dari apa yang diminta oleh perusahaan. Untuk itu, kami membuka bisnis baru, jaringan Apotek Wellings,” tutur Elly.

Sebagai seorang perempuan, Elly memiliki kegemaran terhadap beauty & wellness. Dia pemerhati dan pengguna produk kecantikan, sehingga saat menjalani bisnis ini juga menempatkan diri sebagai konsumen, agar mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen dari sebuah produk kecantikan.

Berbicara tentang wellness, dia suka menghabiskan waktu bersama keluarga dengan masak dan berolahraga bersama. Elly merasa bahwa memasak makanan sendiri jauh lebih sehat, karena kita bisa mengetahui bahan makanan apa saja yang digunakan dan bagaimana kandungan gizi dari bahan-bahan makanan tersebut. “Selain itu, saya juga suka menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berolahraga badminton setiap minggunya. Walaupun dengan intensitas rendah, kalau dijalankan secara rutin pasti akan terasa juga manfaatnya di masa yang akan datang,” ujar wanita berkulit putih ini.

Berangkat dari passion pribadi yang kemudian dia kembangkan sebagai bekal dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis Erajaya Beauty & Wellness. Dilandasi dengan pengetahuan dan antusiasme yang mendalam, mendorong dia untuk terus berinovasi terhadap kualitas dan pelayanan, sehingga akan memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dan berkesan dalam setiap aspek bisnisnya.

Sebelum bergabung di Erajaya Group, Elly mengawali karier sebagai seorang akuntan, sesuai dengan latar belakang pendidikan. “Setelah menjalani sebagai seorang akuntan, saya merasa bosan karena setiap hari hanya berkutat dengan komputer dan kertas-kertas, saya tersadar jika tetap dijalankan, saya tidak akan pernah meraih kebahagiaan dalam bekerja. Karena itu, akhirnya saya putuskan untuk berhenti bekerja dan mencari peluang di bidang lain yang lebih saya sukai,” Elly menjelaskan

Elly termasuk dalam jajaran karyawan pertama Erajaya Group, ketika perusahaan tersebut baru berdiri pada tahun 1996. Selama 27 tahun bergabung dengan Erajaya, Elly mengawali perjalanan karier di bidang penjualan dan pemasaran handphone. Dari posisi tesebut dian menemukan passion di bidang sales, karena memang lebih menyukai berjualan dan bertemu dengan banyak orang. Setelah turut menjadi bagian dalam kesuksesan perjalanan bisnis distribusi dan perdagangan ritel peralatan telekomunikasi selular, akhirnya Elly pun diberi amanah untuk memimpin dan mengembangkan unit bisnis Erajaya Beauty & Wellness.

“Kami berkomitmen untuk membawa revolusi industri healthcare dengan memberikan layanan kesehatan yang terbaik dan terlengkap, dengan harga yang kompetitif. Sebagai one stop solution for your healthcare product, selain obat, vitamin, suplemen dan produk nutrisi, kami juga menyediakan pelayanan lain, seperti pengisian resep, konsultasi obat, rehabilitasi hingga cek kesehatan secara gratis,” cetusnya.

Apotek Wellings juga menyewakan alat-alat kesehatan, seperti ranjang rumah sakit (hospital bed), kursi roda, tabung oksigen, dan sebagainya. Juga, tersedia voucher pemeriksaan laboratorium dan suntik booster vitamin dari partner. “Semua pelayanan tersebut dilakukan oleh apoteker profesional yang selalu siaga di setiap outlet, sehingga mampu memberikan edukasi dan konsultasi aktif kepada para konsumen.” ujar perempuan kelahiran, Metro, Lampung pada tahun 1970.

Secara berkala, Apotek Wellings juga mengajak masyarakat untuk cek kesehatan secara gratis melalui program “Sehat Bersama Wellings”, dengan menghadirkan layanan cek kesehatan tersebut ke public area di sekitar lokasi cabang kami, seperti pasar modern (grebeg pasar), posyandu, hingga gedung perkantoran. Dengan mengusung konsep neighborhood pharmacy, lokasi Apotek Wellings selalu berada di area pemukiman penduduk atau area residensial, sehingga akan memudahkan masyarakat sekitar dalam mengakses kebutuhan produk kesehatan.

Saat ini, dalam usia yang baru satu tahun, Apotek Wellings telah memiliki 16 outlet yang tersebar di Jakarta Selatan (Tebet, Gandaria, Rempoa, Veteran), Jakarta Barat (Greenville, Citra Garden), Jakarta Utara (PIK, Teluk Gong, Sunter, Kelapa Gading), Jakarta Timur (Pondok Kelapa), Tangerang (Green Lake, PIK 2, Bintaro, Cirendeu) dan Bekasi (Harapan Indah).

Target pasar utama dari bisnis apotek adalah masyarakat yang membutuhkan obat-obatan dan produk-produk kesehatan. Masyarakat ini mencakup pasien yang sedang sakit, orang yang memiliki kondisi kesehatan kronis dan perlu mengkonsumsi obat secara teratur, orang yang membutuhkan perawatan medis ringan atau obat-obatan over the counter (OTC), serta orang-orang yang mencari produk kesehatan, seperti vitamin, suplemen dan alat kesehatan.

Selain itu, dapat menjadi tempat pilihan bagi orang-orang yang ingin mencari informasi mengenai penggunaan obat-obatan, sehingga target pasar kami melibatkan berbagai kelompok usia dan latar belakang ekonomi, karena kami tahu bahwa kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang krusial bagi semua orang, terlepas dari status sosial dan ekonomi mereka, sesuai dengan prinsip Apotek Wellings ‘Sehatmu Bahagiaku’.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved