CSR Corner Trends

Upaya HK Melakukan Pelestarian Lingkungan Bersama Karyawan

PT Hutama Karya (Persero) berkomitmen menjaga lingkungan. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, BUMN ini aktif menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Salah satunya dengan menggelar employee engagement bertajuk ;HK Urban HabitSphere’ yang dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2023.

TJSL ini sendiri diterapkan di wilayah Kampung Pro Iklim (Proklim) RW 05 Kelurahan Cibubur dan RW 12 Kelurahan Malaka Jaya, Jakarta Timur. Mengusung tema ‘Revitalisasi Ekosistem Lokal untuk Pengembangan Kawasan Berkelanjutan’, kegiatan HK Urban HabitSphere terlaksana berkat kerja sama dengan Yayasan Tunasmuda Care (T.Care).

Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini melibatkan 42 karyawan Hutama Karya, termasuk anak perusahaan dan afiliasi atau disebut sebagai HK Urban Ranger. Bersama-sama, HK Urban Ranger membantu masyarakat menghadapi permasalahan lingkungan di era urbanisasi.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo memaparkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial karyawan dengan menciptakan ide maupun gagasan kreatif melalui pengembangan pertanian perkotaan, pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga secara berkelanjutan.

Di saat yang bersamaan, masyarakat sekitar juga bisa merasakan dampak positif dan manfaat dari kegiatan ini. “Dalam program ini, para Urban Ranger melakukan sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) No. 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga. Yakni, dengan melakukan aktivitas daur ulang serta membantu proses pemilahan jenis sampah organik dan anorganik sebelum dibuang ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

“Hingga pengolahan limbah minyak jelantah menjadi barang bernilai ekonomis melalui Bank Sampah yang saat ini progres kegiatannya sudah mencapai 80%,” ujar Tjahjo.

Adapun kedua lokasi dipilih bukan hanya karena berada di sekitar wilayah operasional perusahaan saja. Tetapi karena kedua lokasi telah mengadopsi Program Kampung Iklim (Proklim) sebagai upaya mengurangi dampak perubahan iklim secara lokal dan telah memiliki kegiatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) serta Bank Sampah yang dikelola langsung oleh penduduk sekitar.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan, selain melakukan kegiatan lingkungan, Hutama Karya juga turut memberikan bantuan kepada masyarakat di RW 05.

Bantuan yang diberikan berupa infrastruktur lingkungan diantaranya pembangunan sarana air bersih, pembangunan pagar, gazebo, pelatihan manajemen dan organisasi. Sementara untuk warga RW 12 Malaka Jaya, Hutama Karya memberikan bantuan berupa pembangunan Green House.

“Program Urban HabitSphere akan berlanjut di tahun 2024 dan harapan kami program ini dapat memberikan manfaat bagi masing-masing pihak khususnya dalam mewujudkan lingkungan yang lebih asri dan lestari,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Di sisi lain, Ketua RW 05 Cibubur, Tholha Mansyur sebagai perwakilan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Hutama Karya atas terselenggaranya berbagai kegiatan edukatif dan pemberian bantuan infrastruktur di lingkungannya.

“Pelaksanaan program HK Urban HabitSphere dan sejumlah bantuan yang diberikan kepada kami akan digunakan sebaik-baiknya khususnya dalam mewujudkan tempat tinggal yang lebih bersih serta mengurangi dampak sampah dari aktivitas rumah tangga,” ujar Tholha.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved