CSR Corner Trends

Coca Cola ‘Reborn Area’ Ada di Lima lokasi CGV Cinemas Jakarta

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendaur ulang sampah botol plastik, Coca-Cola bersama CGV Cinemas meluncurkan Coca-Cola ‘Reborn Area’ di lima lokasi CGV Cinemas di Jakarta. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen perusahaan minuman berkarbonasi itu untuk menginspirasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas pakai.

Dalam mewujudkan visi global ‘World Without Waste’, Coca-Cola bersama para mitra terus berupaya untuk membantu mencari solusi terkait dengan permasalahan kemasan plastik bekas pakai. Melalui tiga pilarnya, yakni Design-Collect-Partner, Coca-Cola memiliki komitmen untuk membantu mengumpulkan setara dengan setiap botol yang dijual pada tahun 2030 sekaligus demi mendukung terciptanya ekonomi sirkular loop tertutup dalam pengelolaan kemasan bekas pakai di Indonesia.

Triyono Prijosoesilo, Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia menyampaikan, “Melalui program ini, kami menegaskan komitmen dalam mendorong lebih banyak orang untuk mendaur ulang dan membantu memberikan kehidupan kedua bagi botol plastik PET bekas pakai. Botol-botol plastik yang kita gunakan bukanlah sampah dan masih memiliki nilai. Kami melihat antusiasme masyarakat Indonesia untuk menonton film di bioskop dan jaringan CGV Cinemas yang luas di Indonesia akan menjadi sebuah kolaborasi yang cukup kuat.”

Data dari Gabungan Pemilik Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) memberikan gambaran menjanjikan mengenai peluang untuk mendorong sejumlah program edukasi dan peningkatan kesadaran langsung di sumbernya. Dengan meningkatnya jumlah penonton film di Indonesia yang mencapai 54,07 juta pada tahun 2022, bioskop menjadi media yang ampuh dalam menciptakan kesadaran yang berdampak.

Mandati Putri, Marketing Communications Head of CGV Cinemas ditemui di sela acara peluncuran Coca-Cola ‘Reborn Area’ di CGV Cinemas Central Park pada Senin (11/12/2023) mengatakan, pascapandemi, masyarakat mulai kembali memenuhi bioskop di ibukota. Saat menonton bioskop, biasanya penonton akan membeli makanan dan minuman sebagai teman menonton. Tidak jarang, pihaknya menemukan bekas makanan dan minuman yang tertinggal di kursi penonton. Dengan adanya inisiatif Coca-Cola ‘Reborn Area’ ini akan membantu \dalam upaya untuk terus mengedukasi masyarakat dalam memilah dan membuang sampah pada tempatnya. Terutama dengan adanya drop box, kemasan botol plastik bekas pakai akan terpilah dengan baik sehingga dapat didaur ulang agar kembali memiliki nilai ekonomi dan tidak berakhir menjadi sampah.

Botol plastik PET bekas pakai yang telah terkumpul melalui program ini akan digunakan sebagai bahan baku yang kemudian dikirimkan oleh Yayasan Mahija Parahita Nusantara ke fasilitas daur ulang Amandina Bumi Nusantara, kedua entitas yang didirikan oleh Coca-Cola Europacific Partners Indonesia bersama Dynapack Asia. Selanjutnya botol PET bekas pakai akan diproses dan diubah kembali menjadi botol baru yaitu kemasan 100% plastik PET daur ulang — tidak termasuk tutup dan label — untuk produk minuman Coca-Cola di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved