Trends

Dikukuhkan Doctor Honoris Causa, Sri Mulyani Mengapresiasi Dedikasi 78 Ribu Pegawai Kemenkeu

Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan di Australian Nastional University pada Selasa, 12 Desember 2023. (Foto : Kemenkeu).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menerima gelar kehormatan Honoris Causa, Doctor of Laws dari Australian National University (ANU) di ANU School of Music, Llewellyn Hall, Building 100 William Herbert PI, Canberra, Australia, pada Selasa, 12 Desember 2023. Gelar tersebut diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi dan kerjakeras Menkeu dalam pembangunan ekonomi di Indonesia maupun internasional.

Sri Mulyani mengapresiasi penganugerahan gelar kehormatan bergengsi dari Australian National University ini. “Pengakuan Anda atas kontribusi saya merupakansumberdorongan yang luar biasa, dan saya sangat berterima kasih atas kehormatan yang diberikan kepada saya pada Selasa ini,” ungkap Sri Mulyani dalam keterangan tertulisnya pada Selasa pekan ini.

Dia mengatakan penghargaan tersebut bukan semata-mata berasal dari pencapaian pribadi, tetapi juga merupakan hasil kerja sama dan dedikasi semua pihak, termasuk lebih dari 78 ribu staf berdedikasi di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ia menambahkan jalan yang ditempuh bangsa Indonesia penuh dengan tantangan dan memerlukan komitmen teguh untuk mencapai kesejahteraan ekonomi.

Pada kesempatan tersebut, Menkeu juga menjelaskan mengenai perubahan besar dan transformasi ekonomi yangtelah dialami Indonesia, mulai dari serangkaian krisis ekonomi dan pandemi, hinggacita-citamewujudkan visi Indonesia emas tahun 2045.

Pemerintah Indonesia, lanjutnya, senantiasa melakukan berbagai upaya untuk menghadapi berbagai tantangan global, seperti memberikan dukungan fiskal yang baik di semua sektor, serta kolaborasi dan koordinasi yang erat dengan berbagai pihak. “Presidensi Indonesia di G20 pada tahun lalu dan kepemimpinan ASEAN pada tahun ini telah menjadi bukti pentingkepemimpinan Indonesia yang kuat dalam mendorong hasil-hasil penting dan memperkuatkemitraan global, termasuk kemitraan transisi energi dan dana pandemi,” ungkapnya.

Menkeu juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada ANU dan Departemen Keuangan Australia yang terus memberikan persahabatan dan kemitraan yangkuatkepada Menkeu secara pribadi serta kepada Indonesia. “Semoga Indonesia terus berkembangdan semoga perjalanan kita bersama membawa kemakmuran, inklusivitas, dan pertumbuhanberkelanjutan,” tuturnya.

Pada seremoni ini dihadiri Sekretaris Jenderal Kemekeu, Heru Pambudi, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Febrio Nathan Kacaribu, dan KepalaBadan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Andin Hadiyanto. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Chancellor of Australian National University, H.E. Julie Bishop ( mantan Menlu Australia 2013-2018); Vice-chancellor of the Australian National University, Brian Schmidt; Head of Toad Hall of the Australian National University, Ian Walker; dan Treasurer of Australia, James Edward Chalmers.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved