Technology Trends

Transformasi Digital Tokio Marine Indonesia Berbuah Premi Rp1,77 Triliun

Hingga Oktober 2023, Tokio Marine Indonesia (TMI) berhasil membukukan pendapatan premi Rp1,77 triliun dan keuntungan bersih Rp272 miliar. Presiden Direktur TMI Sancoyo Setiabudi mengatakan pencapaian ini sebagai bukti kapitalisasi yang solid, kinerja operasional yang menguntungkan, dan posisi pasar yang mapan.

Perusahaan patungan antara Tokio Marine Asia Pte Ltd dan PT Asuransi Jasa Indonesia ini pun mencapai pertumbuhan 47 persen di bisnis lokal, dan pertumbuhan 7 persen di bisnis Jepang selama lima tahun terakhir.

Visi dan strategi TMI adalah menciptakan nilai tambah dengan mengadopsi teknologi digital terkini, menghadirkan cara bisnis yang inovatif, efisien, dan interaktif bagi pelanggan dan rekan bisnis.

Untuk mendukung tren pertumbuhan ini, Sancoyo mengatakan pihaknya telah mengimplementasikan berbagai inisiatif dalam pengembangan produk dan transformasi digital.

Di sektor korporat, Digital Strategy PT Asuransi Tokio Marine Indonesia, Foster Kurniawan menjelaskan, TMI menghadirkan Worksite Marketing 2.0. Ini merupakan platform digital yang revolusioner dan dirancang untuk memberikan manfaat perlindungan khusus bagi karyawan. Perusahaan juga mengintegrasikan sistem kemitraan digital melalui API untuk proses bisnis yang lebih efisien dan otomatis.

“Untuk meningkatkan efisiensi operasional back-office, TMI menerapkan Robotic Process Automation (RPA). Selain itu, TMI memanfaatkan analisis data untuk wawasan mendalam dan rekomendasi strategis, meningkatkan strategi bisnis dan kolaborasi dengan klien,” jelasnya di Jakarta (13/12/2023).

Sementara itu, untuk pelanggan ritel, TMI memperkenalkan platform online mandiri berbasis teknologi Progressive Web Application (PWA). Aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam menjelajahi, membeli produk serta mengakses layanan dari TMI lainnya tanpa perlu menginstal aplikasi. TMI menerapkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi penipuan pada klaim otomotif dan e-commerce.

Menurutnya, penerapan teknologi voicebot AI yang diberi nama Hikaru menawarkan interaksi dengan pelanggan layaknya manusia, tidak hanya mengingatkan jatuh tempo polis namun juga memberikan rekomendasi produk.

Selain itu, ada Tokio Marine Agency Application (TAPPS) yang memberdayakan agen dengan fleksibilitas dalam proses penjualan, memungkinkan agen untuk membuat penawaran, memproses pembayaran, dan menerbitkan polis asuransi secara instan.

TMI berkomitmen untuk menyediakan layanan dan perlindungan terbaik kepada pelanggan dan rekan bisnis dalam berkontribusi pada pengembangan industri asuransi dan masyarakat di Indonesia. Sebagai bagian dari Tokio Marine Group, salah satu grup asuransi terbesar di dunia, TMI mematuhi filosofi perusahaan ‘kepercayaan pelanggan sebagai dasar dari semua kegiatan’ dan berusaha menjadi good company yang memainkan peran penting dalam masyarakat.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved