Marketing CSR Corner

Platfrom Laboratorium Virtual Bantu Sekolah di Indonesia

PT Indo Mega Vision dan PT Tera Data Indonusa tbk ( Axioo) meluncurkan platform laboratorium virtual yang dirancang untuk memberdayakan lembaga pendidikan di seluruh Indonesia yang bernama Gear VLab dan Axioo Ezylinx.

Sugiyanto Sutikno, Presiden Dirktur PT Indo Mega Vision menjelaskan latar belakang peluncuran Gear VLab dan Axioo Ezylinx ini datang pada saat yang kritis ketika kesenjangan digital dalam pendidikan menjadi semakin nyata akibat pandemi Covid-19. Pemerintah Indonesia telah mengakui urgensi untuk mengatasi masalah ini, karena akses yang tidak merata terhadap teknologi digital dan pendidikan berkualitas telah diperburuk, mempengaruhi siswa di komunitas rentan dan kelompok populasi miskin. Selain itu, biasanya sekolah juga memiliki anggaran terbatas, untuk mengadopsi teknologi digital dan mengikuti perkembangan dunia.

“Platform ini menyediakan solusi hemat biaya yang memungkinkan sekolah untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum mereka tanpa memerlukan infrastruktur yang mahal,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan teknologi ini, mengubah CPU agar bertindak seolah-olah ada beberapa komputer independen, memberikan fleksibilitas bagi berbagai aplikasi pendidikan untuk beroperasi secara bersamaan tanpa gangguan. “Sehingga guru bisa mengkontrol komputer siswa, bisa mematikan komputer hingga kirim pesan ke seluruh komputer yang ada di lab tersebut,” ujarnya dalam siaran pers di Jakarta (15/12/2023).

Selain itu, Integrasi IDV ke dalam Gear VLab dan Axioo Ezylinx memastikan bahwa lembaga pendidikan dapat memaksimalkan investasi perangkat keras mereka dengan memungkinkan penggunaan komputer yang lebih hemat biaya. “ Ini bisa mengurangi kebutuhan akan banyak mesin fisik, menurunkan biaya keseluruhan bagi lembaga pendidikan sampai dengan 30% dan hemat listrik hingga 70%,” ujarnya.

Timotius Theopelus (Timmy), Vice President Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa Tbk ( Axioo) menjelaskan, produk terbarunya ini ditargetkan untuk sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMK. Namun tak sebatas itu, Gear VLab dan Axioo Ezylinx juga bisa digunakan untuk UMKM. Untuk harga yang ditawarkan mulai dari Rp50 juta, dimana termasuk 1 PC server dan 1 PC host.

Adapun harga tersebut sudah termasuk pemasangan hingga training untuk guru-guru untuk cara pemakaiannya. “Selain itu, platform ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur pembelajaran untuk siswa, misalnya fitur library yang dapat dikoneksikan ke Wikipedia. Sekolah juga bisa menambahkan video-video pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh siswa,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved