Property

Vastland (VAST) Kucurkan Dana Rp 97 Miliar Mengakuisisi Gudang

Foto : Vastland.

PT Vastland Indonesia Tbk (VAST) mengakuisisi tanah dan bangunan berupa gudang yang masing-masing memiliki luas 39.450 m2 dan sekitar 18.045 m2 di Tangerang, Banten pada 12 Desember 2023. Tanah dan bangunan berupa gudang senilai Rp 97,5 miliar tersebut sudah beroperasi dan disewa oleh pelanggan yang mayoritas berasal dari sektor e-commerce dan fulfillment center, dan akan langsung memberikan tambahan pemasukan untuk perseroan.

Ekspansi VAST di wilayah ini untuk mengantisipasi permintaan pergudangan dan menambah presensi perseroan di wilayah baru, mengingat peningkatan yang mereka alami selama tahun 2023. Inisiatif untuk mengakomodasi peningkatan permintaan ini juga dilakukan karena prospek kawasan industri dan gudang diproyeksikan kian prospektif pada jangka panjang. Selama kuartal III/2023 sektor transportasi dan pergudangan mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yaitu mencapai 14,74% year-on-year (yoy), dengan kontribusi 5,98% terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Vastland sudah berkecimpung di bidang pergudangan selama lebih dari 10 tahun. Perusahaan ini memiliki dan mengelola gudang di Lampung, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu, Jambi, Klaten. Dengan akuisisi ini, VAST resmi memperluas ekspansi gudang di wilayah Tangerang, yang kini sudah beroperasi dan memiliki penyewa yang berkualitas.“Prospek pergudangan masih cerah, roda ekonomi semakin cepat berputar sehingga kebutuhan untuk pergudangan juga terus tinggi.Ekspansi terbaru VAST ini diperkirakan akan meningkatkan omset perseroan sekitar 30%,” jelas Direktur Keuangan VAST, Stanley V Gunawan di Jakarta, Jumat (15/12/2023),

Seiring pertumbuhan industri nasional, akan ada peningkatan kebutuhan akan pergudangan akibat adanya peningkatan aktivitas dan pemerataan ekonomi nasional. Meski pasca covid sudah banyak orang yang berpergian keluar untuk membeli kebutuhan, akan tetapi kebiasaan bertransaksi melalui e-commerce sudah terbentuk sehingga kebutuhan logistik dan ekspedisi untuk memenuhi berbagai pesanan tetap tinggi.

Meski selama ini mayoritas pelanggan VAST adalah distributor dan FMCG, Vastland sudah mulai melakukan diversifikasi pelanggan dengan menambahkan layanan exposure fulfillment center dan last mile logistics untuk beradaptasi dengan kebutuhan pasar dan mengurangi risiko ketergantunan terhadap segmen pelanggan tertentu.

VAST berharap diversifikasi ini akan menghasilkan tambahan revenue bagi Perseroan. Diversifikasi pelanggan juga dapat memaksimalkan potensi okupansi gudang Perseroan sekaligus meminimalisir risiko akan ketergantungan terhadap sektor pelanggan tertentu sehingga perseroan dapat tumbuh dengan stabil dan konsisten.

Vastland berkomitmen untuk terus menghadirkan gudang sebagaimana yang diinginkan oleh para kliennya yang dihadirkan di wilayah strategis. Perseroan pada kuartal ketiga tahun ini memperbaiki neraca keuangan yang stabil dengan DER sebesar 0,17 kali ,lebih rendah dari 0,40 kali pada periode yang sama tahun lalu, perseroan juga mengalami kenaikan pada kas dan setara kas menjadi Rp 10,1 miliar. Hal-hal ini mengindikasikan perseroan masih memiliki keuangan yang sehat untuk mendukung ekspansi pada periode mendatang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved