Management Trends

Memaknai Hari Jadi ke-25 Tahun Uni-Charm Indonesia

PT Uni-Charm Indonesia Tbk merayakan hari jadinya ke -25 tahun pada 24 November 2023 di Jakarta. Perhelatan ini melibatkan para mitra bisnis, perwakilan pemerintah, serta brand ambassador pembalut wanita Charm dan popok dewasa Lifree, yaitu Syifa Hadju dan Titiek Puspa, dengan total lebih dari 150 partisipan.

“Keberadaan Uni-Charm Indonesia hingga sekarang tak bisa dilepaskan dari peran stakeholders yang telah mendukung bisnis perusahaan hingga saat ini, sekaligus berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkontribusi pada konsumen, lingkungan dan Masyarakat,” ujar Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk Takahisa Takahar di Jakarta (24/11/2023).

Uni-Charm Indonesia adalah anak perusahaan dari Unicharm Corporation yang berada di Jepang, yang berdiri sejak tahun 1997. Pada saat awal pendirian, bisnis perusahaan dimulai dari produk pembalut wanita Charm, lalu meluncurkan popok bayi MamyPoko tahun 2000, dan popok dewasa Lifree di tahun 2008.

“Melalui tiga brand utama ini, kami mendukung keperluan ibu dan anak, membantu wanita untuk hidup lebih nyaman saat menstruasi, dan mendukung orang tua untuk hidup sehat dan bahagia. Berkat dukungan dari seluruh konsumen, ketiga brand ini berhasil menjadi market leader,” Takahisa mengungkapkan.

Selain itu, Uni-Charm Indonesia juga meluncurkan kapas kecantikan Silcot untuk wanita dan Kirey Wipes yang memiliki fungsi anti bacteria, dan tahun 2021 masuk ke market pet care untuk menciptakan kehidupan pemilik peliharan dan hewan peliharaan (partner animal) yang sehat. Berkat inovasi-inovasi ini, perusahaan terus menyertai kehidupan konsumen Indonesia selama 25 tahun, dan berhasil mendapatkan rekor MURI serta berbagai penghargaan dari hasil survei oleh aplikasi maupun blog parenting di Indonesia pada produk kategori baby care.

Untuk merealisasikan SDGs (Sustainable Development Goals) yang menjadi tujuan perusahaan, Uni-Charm Indonesia menjadikan konsep melakukan kebaikan kecil di kehidupan sehari-hari yaitu Ethical Living for SDGs sebagai company slogan, dan melakukan berbagai kegiatan perusahaan yang sejalan dengan konsep tersebut.

Beberapa di antaranya kegiatan untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan lingkungan di Indonesia mulai dari kegiatan bersih-bersih sungai, edukasi pemilahan sampah kepada siswa pondok pesantren dan SMA, pemasangan PLTS di 4 Factory untuk mengurangi emisi CO2, serta peluncuran produk ramah lingkungan berbahan dasar kertas daur ulang dan bio material selama tiga tahun berturut-turut.

Lalu, terkait kontribusi sosial, Uni-Charm Indonesia telah melakukan aktivitas pink ribbon mulai tahun 2021 untuk mendukung penemuan kasus kanker payudara stadium awal demi meningkatkan kualitas hidup wanita Indonesia, dan juga memberikan donasi uang dan produk ke area yang terdampak bencana alam.

Pada acara kali ini juga terdapat demonstrasi produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan dan gaya hidup konsumen dari tim Marketing dan Research & Development PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Produk yang didemonstrasikan adalah pembalut malam Charm Safe Night dengan tema ‘daya serap yang dapat mencegah bocor di malam hari’, popok dewasa Lifree dengan ‘metode 2 pieces care yang diakui oleh riset bersama CRSU FKUI dapat mengurangi risiko terjadinya luka dekubitus pada lansia”, dan Deo-Toilet untuk kucing yang diluncurkan pada 2021 dengan tema fungsi cegah bau.

Mengenai acara kali ini, Takahisa berujar, “Berkat dukungan dari semua pihak, perusahaan kami menjadi satu-satunya anak perusahaan dari Unicharm Corporation yang menjadi perusahaan terbuka di tahun 2019. Selain itu, berkat kerja keras dari seluruh karyawan, kami berhasil melalui periode sulit di tengah virus Covid-19 dan menjaga supply produk yang stabil di seluruh Indonesia. Terakhir, tujuan dari keberadaan perusahaan untuk mewujudkan masyarakat simbiosis Indonesia yang lebih sehat, mandiri, nyaman dan bahagia melalui produk yang berkualitas. Kedepannya kami akan memperkuat partnership bersama seluruh mitra bisnis untuk terus bertumbuh di masa depan”.

Syifa Hadju, Brand Ambassador Charm mengatakan, “Untuk ke depannya saya ingin berkontribusi mendukung aktivitas wanita untuk tetap beraktivitas dengan nyaman meskipun sedang menstruasi dengan produk-produk value added dari Charm, agar dapat meningkatkan kualitas hidup wanita Indonesia”.

Titiek Puspa, Brand Ambassador Lifree menambahkan, “ Saya ingin terus mendukung aktivitas/kehidupan orang tua agar sehat dan bahagia bersama keluarganya dengan Lifree.”

Takahisa mengatakan, sejak awal pendirian PT Uni-Charm Indonesia Tbk di tahun 1997, pihaknya mendapatkan dukungan besar hingga dapat bertumbuh seperti sekarang. Untuk ke depannya perusahaan ini akan terus memberikan produk dan pelayanan yang terbaik untuk merealisasikan SDGs, serta menciptakan lapangan kerja untuk berkontribusi pada masyarakat Indonesia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved