Marketing Trends

UMKM Lokal Raup Untung Tiga Kali Lipat Saat Harbolnas 12.12

Harbolnas 12.12 dimanfaatkan UMKM lokal untuk meraup untung (Ubaiidllah/SWA)

Harbolnas atau Hari belanja Online Nasional yang jatuh 12.12 menjadi momentum penting tidak hanya untuk para pelanggan tetapi juga UMKM lokal. Acara tahunan ini diharapkan dapat mendorong dan mendukung UMKM untuk memanfaatkan platform digital dan menjangkau lebih banyak pembeli.

TikTok dan Tokopedia, misalnya, adalah dua platform digital yang baru-baru ini mengumumkan kolaborasinya dalam rangka Harbolnas yang disebut kampanye Beli Lokal. Kampanye ini menjadi kolaborasi perdana dari TikTok dan Tokopedia yang secara khusus diadakan untuk mendorong pembelian produk lokal selama Harbolnas.

Salah satu pegiat UMKM yang turut merasakan dampak dari kampanye ini adalah Sleep Buddy Bedding. Indah Catur Agustin selaku Pemilik Sleep Buddy Bedding menganggap kampanye Harbolnas 12.12 memberikan dampak yang signifikan bagi produk lokal miliknya.

Menurut Indah, kampanye tersebut bukan hanya meningkatkan kesadaran akan produk lokal, tetapi juga membantu perekonomian lokal, terutama bagi pengrajin dan pekerja di Sleep Buddy. “Ya menurut saya itu sangat bagus, untuk seperti Sleep Buddy, UMKM lokal Indonesia,” kata Indah, Jumat (15/12/2023)..

Dalam konteks 12.12, Sleep Buddy juga berhasil mencatat peningkatan penjualan yang cukup mengesankan. Produk-produk seperti sprei dan bed cover dari bahan ramah lingkungan menjadi primadona di antara pelanggan. “Saya mesti melihat detailnya, cuma kalau melihat persentase naiknya sampai dua sampai tiga kali lipat,” kata Indah.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Skindoze yang merupakan salah satu produk perawatan kulit berbahan dasar sarang burung walet yang didirikan oleh Jenifer Widjaja pada tahun 2022. Baginya, kampanye 12.12 adalah momen penting karena memberikan peluang besar bagi pelanggan untuk mendapatkan penawaran dan diskon yang menarik. “Ini juga merupakan kesempatan berharga bagi Skindoze untuk meningkatkan income penjualan,” ujar Jenifer.

Dengan adanya Kampanye Beli Lokal 12.12, penjualan para pengusaha lokal yang bergabung dengan Tiktok dan Tokopedia sangat terbantu karena mereka memiliki kesempatan untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, serta mengurangi biaya operasional.

Skindoze berharap, kampanye-kampanye seperti ini berlanjut. “Kami berharap bahwa kampanye 12.12 akan membawa peningkatan penjualan yang signifikan. Ini adalah kesempatan untuk menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Selain itu, kampanye ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Skindoze di kalangan konsumen, memperkenalkan produk unggulan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga pelanggan yang puas kemungkinan akan kembali untuk pembelian berikutnya,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved