Technology Trends

Permintaan AI Masif, Kebutuhan Energi Komputasi Meningkat

Perusahaan penyedia teknologi storage Pure Storage (PSTG) bekerja sama dengan Wakefield Research, merilis laporan terbaru yang mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh organisasi di seluruh industri dalam mengadopsi kecerdasan buatan (AI). Laporan terbaru ini menunjukkan pentingnya meninjau kembali infrastruktur data agar benar-benar mendapatkan manfaat AI, menjaga biaya energi tetap sesuai dengan alokasi anggaran, dan sesuai dengan rencana perusahaan dalam mencapai tujuan lingkungan hidup.

Shiraz Erosagon Systems Engineer Pure Storage Indonesia menyebut bahwa berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 500 pembeli TI di perusahaan yang memiliki lebih dari 500 karyawan di AS dan Eropa, mengemukakan bahwa kebutuhan akan energi komputasi meningkat, didorong oleh adopsi AI. Bagi 88% dari mereka yang telah mengadopsi AI, kebutuhan akan energi komputasi meningkat secara tiba-tiba dan drastis.

“Hampir dari separuh (47%) harus mengalikan dua atau lebih kekuatan komputasi mereka sejak mengadopsi AI. 73% dari pembeli TI tidak sepenuhnya siap menghadapi kebutuhan energi AI,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (19/12/2023).

Shiraz mengaku, konsumsi energi hanya salah satu dari beban AI. Sebanyak 73% responden menyatakan AI memerlukan atau akan memerlukan peningkatan manajemen data dan semacamnya. Beberapa peningkatan spesifik yang dilakukan antara lain alat manajemen data (48%), proses manajemen data (46%), dan infrastruktur penyimpanan data (46%).

“Hasil survei juga menunjukkan hampir semua (96%) berencana atau telah memperbarui infrastruktur TI mereka. 29% pembeli TI mengatakan AI akan atau menyebabkan perombakan total,” ungkapnya.

Menurut Shiraz, tantangan-tantangan ini telah memundurkan tujuan keberlanjutan bisnis. 89% perusahaan menyatakan bahwa tujuan-tujuan ESG menjadi lebih sulit dicapai karena adanya peningkatan infrastruktur TI mereka setelah adopsi AI. Namun, 60% dari mereka yang telah mengadopsi teknologi AI (atau berencana mengadopsi AI dalam 12 bulan ke depan) menyatakan bahwa mereka akan atau telah berinvestasi pada perangkat keras yang lebih hemat energi untuk memenuhi tujuan ESG.

Catharina Hadiningtyas, Country Manager Indonesia di Pure Storage menjelaskan, adopsi AI sedang meningkat di berbagai industri. Namun agar dapat memaksimalkan manfaatnya, sebagian besar organisasi seharusnya memiliki infrastruktur yang diperlukan untuk menangani permintaan data berkinerja tinggi dan kebutuhan energi sebagai hal penting.

Keterbatasan ini memberikan tantangan terhadap keberhasilan adopsi AI untuk mendukung inisiatif critical perusahaan, termasuk inisiatif mencapai tujuan lingkungan. Hampir semua pembeli TI mendapatkan tekanan untuk mengurangi jejak karbon mereka. Faktanya, sebagian besar setuju untuk mencapai tujuan TI tidak mungkin tercapai jika dilakukan tanpa mempersiapkan infrastruktur TI untuk mendukung AI dengan baik.

“Infrastruktur yang lebih cerdas kini semakin mendesak dan tinggi permintaannya. Sering kali terjadi di mana perusahaan ingin memperoleh manfaat dari pembelajaran mesin, tetapi sistem yang sudah ada sebelumnya tidak dapat mendukung alur data AI dalam jumlah masif. Seiring dengan semakin cepatnya adopsi AI, tim TI memerlukan infrastruktur yang efisien, andal, dan berkinerja tinggi untuk memastikan penerapan yang efektif,” ujar Catharina.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved