Marketing Trends

Penjualan Sejumlah Brand Naik Hingga 19X Lipat Setelah Tokopedia Gabung TikTok

Tokopedia dan Tiktok telah meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu. Tujuannya untuk membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan, kampanye tersebut mendapat animo tinggi dari masyarakat yang berdampak positif pada penjualan para UMKM lokal.

Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.

“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” tambah Aditia.

Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu, antara lain Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga. Sementara di Tiktok, kategori tersebut didominasi oleh kategori Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.

Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet dan Inthebox yang juga menggunakan aplikasi Tiktok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.

“Kampanye ‘Beli Lokal’ sangat membantu kami untuk meningkatkan penjualan produk-produk Aerostreet. Terbukti dengan meningkatnya jumlah penjualan Aerostreet yang melonjak berkali lipat jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ujar Adhitya Caesarico, Pendiri Aerostreet.

Adapun brand lokal di kategori Rumah Tangga, Inthebox mengalami lonjakan penjualan lebih dari 7 kali lipat di Tokopedia khususnya saat Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023, dan lebih dari 3 kali lipat di Tiktok dibandingkan bulan September 2023.

“Membangun brand awareness di awal bukan hal yang mudah. Keberadaan Tokopedia dan Tiktok sangat membantu kami untuk membentuk brand awareness tersebut,” kata Public Relations Inthebox (PT Duta Mas Mandiri), Feiko Revoliady Robin.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved