Technology Trends

Mandiri Contactless Manfaatkan Teknologi NFC

Bank Mandiri berupaya meningkatkan pemanfaatan transaksi non-tunai untuk mendorong efisiensi dan kenyamanan layanan digital nasabah. Salah satu dukungan yang dilakukan dengan menawarkan transaksi effortless melalaui Mandiri Contactless yaitu fitur pembayaran nir sentuh yang memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC) yang diluncurkan di Ikea Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, melalui solusi layanan Mandiri Contactless, para nasabah dapat melakukan transaksi belanja dengan cepat dan praktis, bahkan dalam nominal tertentu tidak membutuhkan PIN (untuk transaksi domestik hanya bisa di EDC Contactless Mandiri) sehingga transaksi menjadi lebih praktis dan bisa dilakukan dalam hitungan detik.

“Dalam mengembangkan layanan digital, Bank Mandiri berinovasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan transaksi nasabah yang membutuhkan layanan keuangan effortless,” terang Aquarius.

Bank berlogo pita emas ini menjelaskan, melalui solusi ini, pihaknya menawarkan tiga fitur yaitu Mandiri Debit Contactless, Mandiri Kartu Kredit Contactless serta Tap To Pay di Livin’. Kartu Kredit Contactless tetap dapat memanfaatkan fitur cicilan / power bu dan mendapatkan Livin’ poin sesuai jenis kartu, ubah transaksi menjadi cicilan di Livin’ by Mandiri, dan fitur lainnya.

Layanan tersebut dapat digunakan oleh nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksional, serta mendukung dan memberikan kemudahan dalam setiap aktivitas keuangan yang dilakukan oleh nasabah. Adapun layanan ini juga tak hanya dapat digunakan di dalam negeri, namun juga luar negeri (cross border). “Misalnya untuk transaksi pembayaran transportasi publik. Bagi nasabah yang belum memiliki Mandiri Debit Contactless, dapat melakukan pergantian kartu melalui join.bankmandiri.co.id, cabang Bank Mandiri dan melalui CSM (Customer Service Machine),” imbuhnya, dikutip dalam siaran pers di Jakarta (20/12/2023).

Lebih lanjut, Aquarius menyatakan kebutuhan dan kepuasan pelanggan akan tetap menjadi pilar utama perseroan dan pilar budaya kerja Bank Mandiri. Sejalan dengan transformasi digital yang digalakkan perseroan dalam beberapa tahun terakhir, Bank Mandiri akan terus membangun ekosistem digital yang andal guna memudahkan masyarakat.

“Ke depan Bank Mandiri akan terus aktif melakukan inovasi untuk menyediakan solusi seluruh kebutuhan transaksi nasabah dan masyarakat, mulai kebutuhan finansial maupun non finansial,” jelas Aquarius.

Sementara itu, Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman menyatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Bank Mandiri untuk meningkatkan edukasi dan penggunaan teknologi pembayaran global terkini dalam masyarakat, sehingga ekosistem pembayaran digital di Indonesia dapat semakin mendekati kelas dunia.

Sebagai tambahan informasi, sampai dengan bulan November 2023, Livin’ by Mandiri telah diunduh hampir sebanyak 35 juta kali. Platform digital andalan perseroan ini telah menghasilkan jumlah nilai transaksi mencapai hingga Rp2.900 triliun atau tumbuh 34% secara year on year (yoY) dengan frekuensi transaksi menembus 2,5 miliar transaksi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved