Trends

MIAP Gencarkan Pesan ‘Anak Muda Gak Pakai Produk Palsu’

Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) mengadakan MIAP Social Media Content Competition 2023 yang sebelumnya diluncurkan pada 13 September 2023 lalu. Lebih dari 70 karya kreatif anak muda dikirimkan dari berbagai wilayah di Indonesia, untuk menyampaikan pesan sesuai tema ‘Bangga dan Cinta Produk Indonesia – Anak Muda Gak Pakai Produk Palsu’.

Setelah melalui proses kurasi dan penjurian, tiga karya terbaik yang berhasil menjadi pemenang yaitu juara 1 Oky Saputra (Madiun, Jawa Timur) berjudul PSEUDO, juara 2 M. Faisal Fahmi Asnawi (Madiun, Jawa Timur) – Konsumen Cerdas, Pilih yang Berkualitas, Tolak Produk Palsu., dan juara 3 Jaka Purnama (Pasuruan, Jawa Timur) – Makin Bangga Produk Indonesia, Makin Kece Jadinya. Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan produk dari MIAP.

Dewan Juri MIAP Social Media Content Competition 2023 terdiri dari: Dra. Sri Lastami, S.T., M.IPL. selaku Direktur Kerja sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual – Kementerian Hukum dan HAM RI; Dr. Widyaretna Buenastuti, S.H., M.M. sebagai Praktisi Komunikasi; Dr. Hj. Atalia Praratya S.IP., M.I.Kom sebagai permerhati isu kemasyarakatan; Benazio Rizki Putra (Bena Kribo) yang dikenal sebagai kreator konten dan Yanne Sukmadewi selaku Sekretaris Jenderal MIAP.

“Ternyata banyak anak muda yang tertarik mencurahkan kreativitasnya untuk menghasilkan karya yang menyuarakan kepedulian terhadap peredaran produk palsu dan ajakan untuk tidak menggunakannya“, ungkap Yanne. Menurutnya, melalui platform media sosial yang notabene penggunanya adalah anak muda, akan menjadi saluran terbaik untuk menyampaikan ajakan Peduli Asli.

Sejalan dengan tema kompetisi tentang ajakan untuk tidak menggunakan produk yang melanggar kekayaan intelektual (KI), MIAP juga mengajak kepada perwakilan media unntuk memahami pentingnya perlindungan KI sekaligus memahami KI sebagai sebuah aset yang perlu dikelola dengan baik. Untuk itulah kegiatan Sosialisasi Kekayaaan Intelektual untuk kalangan media diselenggarakan.

“Untuk mendukung kegiatan ini, anggota dan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI), penggiat media serta anggota dan mitra strategis MIAP yang akan bersama-sama mendukung upaya penghargaan dan perlindungan terhadap kekayaan intelektual, agar dapat menurunkan dampak negatif akibat peredaran dari produk-produk palsu atau produk yang melanggar kekayaan intelektual,” jelas Justisiari P. Kusumah, Direktur Eksekutif MIAP di Jakarta (19/12/2023).

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved