CSR Corner

Kao Indonesia dan Kemenparekraf Wujudkan Desa Wisata BERSERI

Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk ‘Meningkatkan Kualitas Hidup dan Membawa Senyum Bahagia Bagi Masyarakat Indonesia’ melalui tagline ‘Kirei Lifestyle Innovation’, Kao Indonesia secara berkelanjutan terus berinovasi melalui produk dan layanan berkualitas serta memastikan lifecycle assessment dalam setiap proses bisnis yang dilakukan.

Salah satu inisiatif utama yang dilakukan adalah kolaborasi dalam mewujudkan Masyarakat dan Desa BERSERI (Bersih, Sehat, dan Lestari) bersama Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan membangun fasilitas Bank Sampah di Desa Wisata.

Untuk itu, Kao Indonesia berperan aktif di kegiatan akhir tahun Kemenparekraf/Baparekraf RI yang diselenggarakan di Jakarta. Dalam kesempatan ini, perusahaan asal Jepang itu melakukan penyerahan simbolis Dukungan Pembangunan Bank Sampah untuk mendukung Sustainable Tourism kepada Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno untuk Desa Wisata Bira Tengah, Kabupaten Sampang, Jawa Timur yang diwakili oleh Matsuki selaku Direktur BUMDES Mitra Mandiri Desa Wisata Bira Tengah.

“Kami mengapreasiasi komitmen Kao Indonesia yang mendukung pengembangan Sustainable Tourism di Desa Wisata melalui distribusi Clean and Hygiene Product Kao Indonesia, fasilitas pendukung CHSE, serta pembangunan Bank Sampah yang harapannya dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat setempat. Dukungan ini dapat membantu pelaku usaha dan masyarakat di Desa Wisata sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan dan mengembangkan potensi Desa Wisata sebagai destinasi tujuan utama wisata dalam negeri serta diharapkan pada akhirnya sektor pariwisata dapat semakin bertumbuh,” kata Sandiaga.

Berlandaskan Kirei Lifestyle Innovation yang menjadi tujuan jangka menengah dari inisiatif ESG (Environmental, Social, Governance) perusahaan yang terukur untuk dicapai pada 2030, Kao Indonesia melakukan berbagai upaya untuk dapat mendukung masyarakat menjalani hidup yang berkelanjutan di lingkungan yang berkelanjutan dimulai dari pemilihan bahan baku yang bertanggung jawab, proses produksi yang memperhatikan dampak lingkungan serta edukasi kepada Masyarakat dalam meningkatkan kesadaran menjalani perilaku PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan kelestarian lingkungan.

Naoki Yoshigai, Presiden Direktur PT Kao Indonesia mengatakan, pihaknya menyambut baik kesempatan yang diberikan kepada Kao Indonesia dalam kolaborasi sinergis bersama Kemenparekraf/Baparekraf RI untuk mendukung mewujudkan Desa Wisata Bersih, Sehat, dan Lestari serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sejak tahun 2022, Kao Indonesia berkolaborasi dalam kemitraan pentahelix bersama dengan Kemenparekraf/Baparekraf RI sebagai upaya untuk mewujudkan Desa Wisata BERSERI dengan mendukung pengembangan Desa Wisata dari sisi kebersihan dan kesehatan.

Kao Indonesia secara berkelanjutan mendistribusikan 10.000 paket produk kebersihan serta fasilitas pendukung CHSE kepada 11 Desa Wisata Prioritas guna mendukung dan meningkatkan standar kebersihan dan kenyamanan dalam berwisata. Juga, membangun Bank Sampah di Desa Wisata Bira Tengah, untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat melalui kegiatan sirkular ekonomi.

“Dukungan dari Kao Indonesia ini bermanfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha terutama dalam peningkatan kesadaran hidup bersih dan sehat. Kami menjadi Desa Wisata pertama yang menjadi lokasi pembangunan Bank Sampah dari Kao Indonesia yang berada di objek wisata pantai Lon Malang, Desa Bira Tengah, Kabupaten Sampang. Harapannya nanti dapat menarik semakin banyak wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisata Bira Tengah,” ucap Matsuki.

Pembangunan Bank Sampah di Desa Wisata Bira Tengah menjadi pilot project yang nantinya akan dikembangkan ke desa-desa wisata lainnya. Kao Indonesia menargetkan pembangunan Bank Sampah ini dapat membawa dampak positif bagi ratusan keluarga di sekitarnya dan dapat mengumpulkan 1 ton sampah di tahun pertama dengan tujuan untuk dapat memberikan nilai tambah bagi lebih banyak masyarakat melalui kegiatan sirkular ekonomi yang berkelanjutan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved