Technology Trends

Digitalisai Ala Perusahaan Pengolah Kelapa Sawit BGMPA

Pengelolaan bisnis dengan dukungan teknologi digital sudah menjadi kebutuhan perusahaan saat ini. Bisa dipastikan binis di bidang apapun membutuhkan teknologi digital untuk membantu mengelola jalannya perusahaan baik internal maupun eksternal. Hal ini juga dialami PT Batu Gunung Mulia Putra Agro (BGMPA).

Perusahaan pengolahan kelapa sawit yang berbasis di Kalimantan Selatan tersebut, mengaku mulai mengadopsi teknologi ERP terpadu untuk mengelola operasional perusahaan dan pabrik. BGMPA bekerja sama dengan PT Trimitra Solusindo Consulting dan SAP Indonesia mengimplementasikan teknologi Grow with SAP untuk mempercepat kerjsa sistem cloud ERP.

Dengan kerja sama SAP Indonesia bersama TMS Consulting, PT BGMPA menjadi implementor SAP S/4HANA Cloud, public edition pertama yang dipimpin oleh mitra dari industri perkebunan manufaktur di Indonesia.

Sebelum menggunakan sistem ERP dari SAP, PT BGMPA memiliki kesulitan menghasilkan laporan yang terintegrasi secara akurat dan cepat atau tepat waktu. Hal tersebut membuat perusahaan sulit dalam proses pengambilan keputusan yang cepat dan akurat untuk memaksimalkan potensi pabrik, yang kini memiliki kapasitas pengolahan maksimal 45 ton per jam. Perusahaan membutuhkan proses pengambilan keputusan yang cepat dan akurat untuk bisa mencapai target penjualan rata-rata 55.000 ton CPO per tahun yang setara dengan Rp700 miliar per tahun.

“Kami merasa perlu menerapkan sistem dari SAP ini, karena kami juga ingin menekankan, kami terbuka dengan hal manajerial sehingga berinisiatif menggunakan sistem yang akurasi dan kredibilitasnya diakui,” ujar Angga Yudha, Direktur Utama BGMPA dalam siaran pers (21/12/2023).

Sementara itu, Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia menambahkan, langkah perintis BGMPA ini tidak hanya meningkatkan manajemen data dan otomatisasi proses, tetapi juga menetapkan standar baru untuk adopsi teknologi di sektor agroindustri. Ini menegaskan komitmen industri untuk merangkul solusi inovatif guna tetap unggul di pasar yang semakin kompetitif.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved