Technology

Jurus Para Jenama Lokal Menunggangi Momentum Beli Lokal di TikTok

TikTok-Tokopedia. (Ilustrasi foto : Istimewa).

Orang tua acapkali menghadapi berbagai tantangan mengasuh anak-anak. Sebut saja, permasalahan ASI, gerakan tutup mulut (GTM) anak, hingga bayi yang rewel sepertinya sudah menjadi tantangan yang kerap dialami oleh para orang tua. Untungnya, seiring berkembangnya zaman, semakin banyak bermunculan produk-produk yang bisa memudahkan para orang tua, bahkan banyak juga brand lokal yang bisa menghasilkan produk inovatif dan kualitas yang tidak kalah saing.

Produk ini pun semakin mudah didapatkan lantaran mudah diakses pada platform online TikTok. Pada kampanye Beli Lokal 12.12 yang berlangsung di TikTok dan Tokopedia pada pekan lalu, sejumlah jenama (brand) lokal untuk kebutuhan orang tua dan bayi ini yang mendapatkan perhatian pengguna TikTok.

Kampanye yang diramaikan oleh beragam brand lokal dan UMKM ini menjadi ajang unjuk kualitas dan kreativitas para pelaku UMKM yang tidak kalah dari jenama lainnya. Mom Uung, misalnya, menawarkan produk pelancar ASI dengan bahan dasar kacang hijau, dan diolah dengan proses yang alami. Produk Mom Uung membantu para ibu agar dapat memberikan ASI hingga anak berusia dua tahun, tentunya dengan kandungan ASI yang bergizi.

Brand yang didirikan tahun 2019 ini kerapkali memberikan konten edukasi seputar ibu dan anak melalui konten video TikTok-nya, termasuk tentang bilirubin pada anak ataupun post partum depression. Melalui sesi live di TikTok, Mom Uung juga aktif memberikan saran dan tips kepada para ibu, hingga bisa mencetak ribuan pesanan di hari pertama kampanyeBeli Lokal 12.12 lalu.

Perihal kampanye edukasi, Jonathan Handoko, pendiri & CEO Mom Uung, mengatakan beragam kegiatan seperti edukasi via TikTok memberikan wawasan mengenai produk booster ASI dan pengetahuan lainnya terkait ASI. “Kami menekankan value of the business, value of the product dan brand untuk berkompetisi dengan kompetitor. Kami tuh nggak memutuskan untuk ikut price war karena kami meyakini fundamental dari value of the product yang diinginkan costumer, sehingga positioning brand dan faktor lainnya itu mengacu ke value yang kami tawarkan,” ujar Jonathan kepada Majalah SWA di Jakarta, beberapa waktu lalu

Kemudian, Cessa Essential Oil yang menyodorkan essential oil untuk bayi. Anak bayi kerap mudah rewel saat badannya tidak dalam kondisi fit ataupun kelelahan. Orang tua pun kadang kebingungan untuk menenangkan bayi yang sedang sakit, karena tidak bisa mudah dikasih obat. Inilah yang menjadi alasan utama dibuatnya Cessa oleh Denis Yonatan (CEO Cessa) yang melihat peluang dari kekhawatiran orang tua terhadap konsumsi obat kimia pada anak bayi.

Brand lokal ini berharap bisa membantu menjawab keresahan orang tua ini dengan produk essential oil yang aman untuk digunakan oleh anak bayi karena menggunakan bahan-bahan alami. Melalui konten video singkatnya, Cessa sering menunjukkan tips cara menggunakan essential oil untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk meningkatkan imun tubuh anak. Di kampanye Beli Lokal 12.12, Cessa mendapatkan lebih banyak permintaan dari para orang tua, terutama di Tengah musim hujan yang sering menyebabkan anak sakit.

Berikutnya, Bumbu Bunda Elia. Salah satu hal yang paling sering membuat orang tua gelisah adalah saat anak tidak mau makan. Bukan hanya berpengaruh ke berat badan, sulit makan juga bisa membuat anak kekurangan gizi.

Lia Amalia, CEO Bumbu Bunda Elia, melihat tantangan yang dialami oleh para orang tua ini dan ingin memberikan solusi melalui bumbu-bumbu masakan yang aman untuk anak. Brand lokal ini pun mulai masuk ke marketplace lima tahun lalu, dan mendapatkan antusiasme hangat dari para orang tua yang merasa terbantu dalam mempersiapkan masakan home-made untuk anaknya. Berbagai tips masakan untuk anak sering dibagikan di konten Bumbu Bunda Elia di TikTok, membantunya membangun komunitas ibu-ibu yang solid.

Komunitas inilah yang ikut membantu Bumbu Bunda Elia meningkatkan penjualannya di TikTok, termasuk pada saat kampanye Beli Lokal 12.12. Demikian, tiga jenama lokal yang bisa sangat membantu para orang tua, tentunya dengan kualitas yang terbaik dan harga yang

terjangkau. Selain brand tersebut, masih banyak beberapa brand lokal lainnya untuk para orang tua dan anak, mulai dari brand pakaian hingga mainan anak.

Semakin banyaknya pilihan brand lokal yang tersedia, para orang tua dapat dengan mudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan anak-anak. Hal ini juga turut mendukung pertumbuhan perekonomian lokal dan meningkatkan daya saing produk-produk lokal di pasar global.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved