Corporate Action Capital Market & Investment

Itama Ranoraya Perluas Portofolio di Bidang Teknologi Kesehatan

PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA), emiten yang bergerak di bidang peralatan kesehatan dan perlengkapan medis berteknologi tinggi melakukan public expose beberapa hari lalu dengan memaparkan secara komprehensif bagaimana perluasan portofolio produk dapat berkontribusi pada transformasi infrastruktur kesehatan, sekaligus meningkatkan pengalaman pasien di fasilitas layanan kesehatan.

“Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan kesehatan yang dinamis, konsisten, dan berkelanjutan dengan komitmen untuk melayani pelanggan dengan servis terbaik, serta memberikan perangkat medis dan produk farmasi yang berteknologi tinggi. Portofolio produk kami bertujuan untuk meningkatkan pengalaman terbaik pasien di fasilitas layanan kesehatan sekaligus memperluas keberagaman produk, sehingga fundamental bisnis kami di sektor kesehatan semakin solid,” kata Heru Firdausi Syarif, Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk. dalam siaran pers di Jakarta.

Satria Mulia, General Manager Pemasaran PT Itama Ranoraya Tbk. menyebutkan bahwa IRRA berencana melakukan ekspansi pada sejumlah kategori, termasuk Consumable & Hospital Supplies, Vitro Diagnostics, Surgical & Critical Care, dan Pharmaceutical & Maternal and Neonatal Care.

“Langkah ini kami lakukan dengan menambah jenis produk pada masing-masing kategori seraya mengembangkan kemitraan dengan prinsipal terdepan di pasar. IRRA juga memperkuat pengembangan bisnis dengan fokus pada durable products yang bersifat jangka panjang untuk meningkatkan sustainable growth, seperti melalui penyediaan mammography, mobile & stationary x-ray, linac accelerator, dan produk hemodialisis yang sangat dibutuhkan di dalam negeri,” ujar Satria.

Perluasan portofolio produk merupakan penghubung yang terus memberikan kontribusi dalam menjaga kinerja dan performa positif bagi perseroan. Ini diiringi oleh semakin bergairahnya industri layanan kesehatan yang mempengaruhi lonjakan permintaan terhadap perusahaan pemasok dan manufaktur peralatan medis, utamanya pada alat-alat kesehatan hasil produksi dalam negeri. Secara konsolidasian per 30 September 2023, perusahaan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp305 miliar. Produk skrining/test kit darah dari Abbott dan produk antropometri lokal dari Balaraja Metalindo merupakan dua kontributor pendapatan terbesar pada tahun ini.

Tidak hanya mengembangkan beragam produk portofolio, pada Juli 2023 lalu, Perseroan juga berhasil mengakuisisi 15.000 lembar saham atau setara dengan 75% saham yang dimiliki oleh PT Kencana Pilar Mandiri (KPM), perusahaan yang bergerak di bidang distribusi in-vitro diagnostics, radiology, cardiology, dan hemodialysis. Langkah ini dipilih untuk menciptakan nilai tambah melalui diversifikasi produk dan layanan, serta memperkuat posisi strategis Perusahaan di pasar.

“Akuisisi yang dilakukan pada 75% saham KPM merupakan bentuk komitmen perseroan untuk melayani pelanggan dengan servis terbaik. Sehingga ke depannya, akan mampu menjangkau lebih banyak pelanggan untuk memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat. Pascaakuisisi dan ekspansi ini, kami berharap dapat mempercepat pertumbuhan bisnis perusahaan yang akan selaras dengan kinerja keuangan,” kata Nanan Meinanta Lasahido, Direktur Keuangan PT Itama Ranoraya Tbk.

IRRA juga kembali melanjutkan komitmennya dalam mendorong ketangguhan sektor kesehatan Indonesia melalui dukungannya dalam berbagai program pemerintah. Upaya mewujudkan komitmen tersebut dilakukan melalui implementasi pada program pengetasan stunting dengan menyediakan alat-alat antropometri di berbagai fasilitas kesehatan, partisipasi aktif dalam memenuhi kebutuhan kantong darah di Indonesia bersama Palang Merah Indonesia, penyediaan alat suntik sekali pakai untuk program imunisasi nasional, dan menjalin kemitraan dengan Kementerian Kesehatan melalui penyediaan reagen skrining darah. Ini dilakukan untuk mendukung misi pemerintah dalam melakukan transformasi di sektor infrastruktur kesehatan sekaligus menguatkan kemandirian dalam negeri guna penyediaan akses kesehatan publik.

Sepanjang 2023, perseroan telah berupaya untuk menangkap berbagai peluang bisnis demi mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dalam melanjutkan momentum pertumbuhan ini, IRRA berencana menambah lini bisnis baru yang berfokus pada kategori radiologi dan critical care, membuka cabang baru untuk memperluas jaringan distribusi di Indonesia, serta memperluas jangkauan ke lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved