Management Trends

Manajemen Krisis Rosalia Indah Tangani Penumpang

PT Rosalia Indah Transport terus mengupayakan penyelesaian kasus Widino, salah seorang pengguna jasa bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Rosalia Indah secara kekeluargaan. Widino mengaku kehilanganiPad saat menumpang bus tujuan Wonosobo – Ciputat, kemudian mencuit hal ini di media sosial hingga viral.

Manajemen Rosalia Indah Transport telah menemui Widino di Jakarta padaAhad, 24 Desember 2023 di BSD, Tangerang, Banten. Dalam pertemuan, Widino memberikan kuasa atas peristiwa yang menimpanya ini pada kuasa hukum, dan menyampaikan surat berisi empat tuntutan kepada perusahaan transportasi tersebut.

Keempat tuntutan itu adalah meminta maaf secara terbuka, memberi dukungan kepada pihak kepolisian dalam mengungkap dan menuntaskan kasus tindak pidana pencurian yang menimpa Widino, memberikan kompensasi atau gantikerugian kepada Widino atas pengakuannya kehilangan iPad di bus Rosalia Indah, dan melakukan langkah-langkah korektif atau pembenahan untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa bus itu.

Menanggapi surat tuntutan Widino, manajemen Rosalia Indah mengundang Widino bertemu di Kantor Pusat Rosalia Indah Transport di Karanganyar, Jawa Tengah, untuk melanjutkan upaya penyelesaian secara kekeluargaan.

Atas undangan di atas, kuasa hukum Widino meminta agar pertemuan dilakukan di tempat lain. Perihal tuntutan kompensasi atau ganti kerugian atas pengakuan Widino yangkehilangan iPad-nya, Manajemen Rosalia Indah Transport sudahberkonsultasi dengan beberapa pihak terkait persoalan hukum kasus ini.

Dari hasil diskusi tersebut, aturan perusahaan yang tertera pada tiket bus Rosalia Indah sudah menjelaskan bahwa kehilangan barang bawaan penumpang (non bagasi dan non label) bukan tanggung jawab perusahaan. Hal ini mengacu pada Pasal 192 Ayat (4) Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

“Mengenai tuntutan lainnya, manajemen Rosalia Indah Transport berkomitmen memberi dukungan kepada pihak kepolisian dalam mengungkap dan menuntaskan kasus ini. Melalui akun Instagram resmi Rosalia Indah, manajemen pun telah menyampaikan permohonan maaf secara terbuka,” kata Direktur PT Rosalia Indah Transport FX Adimas Rosdian dalam keterangan tertulis, belum lama ini.

Manajemen juga melakukan upaya-upaya perbaikan dan pembenahan untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa secara bertahap dan berkelanjutan. Dalam hal ini, di antaranya pemasangan CCTV dan Kotak Aman Rosalia Indah – KARI (safe deposit box) di setiap bus.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved