Automotive

Respons ASII dan ADM Soal Pabrik Daihatsu di Jepang Hentikan Produksi

Pameran mobil Daihatsu. Daihatsu Jepang hentikan produksi imabs skandal manipulasi hasil uji. (dok ADM)

Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC) dan Toyota Motor Corporation (TMC) pada tanggal 20 Desember 2023 lalu mengumumkan penghentian produksi pabrik miliknya di Jepang. DMC dan TMC juga melakukan penundaan pengiriman sementara untuk pasar domestik dan luar Jepang.

Penutupan sementara dan penundaan tersebut menyusul dugaan manipulasi tes tabrak yang dilakukan DMC pada sejumlah produk mobil miliknya. Terkait hal ini, Astra International Tbk (ASII) yang merupakan salah satu pemilik saham Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia memberikan tanggapannya kepada Bursa Efek Indonesia, Rabu (03/01/2024).

Corporate Secretary ASII Gita Tiffany Boer mengatakan, ADM adalah perusahaan yang sahamnya dimiliki ASII sebesar 31,87% sementara sisanya dimiliki DMC dan Toyo Thuso Cooperation. Sehingga, Gita menegaskan, ADM bukanlah perusahaan terkendali perseroan.

“ADM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kendaraan bermotor roda empat dengan merek Daihatsu atau merek lainnya di Indonesia. Terkait kegiatan ekspor ADM dampak finansial terhadap perseroan dari penghentian sementara sebagian ekspor ADM tidak bersifat material,” ujar Gita dalam penjelasannya kepada BEI.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur ADM Erlan Krisnaring Cahyono mengatakan, produksi dan distribusi kendaraan Daihatsu tetap berjalan normal. Demikian pula untuk ekspor telah kembali dilakukan pada 26 Desember 2023, setelah mendapatkan konfirmasi dari otoritas negara tujuan ekspor.

“Produksi dan distribusi kendaraan Daihatsu di Indonesia tetap berjalan normal. Untuk kegiatan ekspor, ADM telah mendapatkan konfirmasi dari otoritas sebagian besar negara tujuan ekspor, dan sudah memenuhi regulasi yang berlaku di negara tujuan ekspor tersebut. ADM telah kembali melakukan pengiriman ekspor secara bertahap mulai tanggal 26 Desember 2023 lalu ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor,” ujarnya.

Mengenai keselamatan produknya, pihak ADM memastikan bahwa semua kendaraan di Indonesia tidak memiliki masalah. “Kami bersama prinsipal telah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas, keselamatan, dan memenuhi regulasi yang berlaku. Kami berkomitmen untuk senantiasa mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia,” ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved