Capital Market & Investment

Harga Saham Sariguna Primatirta (CLEO) Naik 1,48%, Pabrik Air Minum Beroperasi di IKN

Harga saham PT Sariguna Primatirta Tbk pada perdagangan hari ini ditutup naik 1,48% atau menjadi Rp 685 dari perdagangan sebelumnya. Emiten produsen air minum dalam kemasan yang sahamnya berkode CLEO ini rajin berekspansi untuk mengembangkan bisnis air minum di seluruh penjuru Tanah Air. Pada penghujung tahun 2023, perseroan telah mulai mengoperasikan pabrik air minum CLEO di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara yang melayani hingga ke Samarinda dan Balikpapan.

Selain sudah beroperasi, pabrik baru CLEO di IKN telah melakukan distribusi produknya hingga awal 2024 ini, beroperasinya pabrik tersebut merupakan bukti keseriusan Perseroan untuk mendukung pengembangan ibu kota baru dengan berinvestasi dan menggarap potensi pasar di wilayah IKN. Berlokasi di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, pabrik ini berjarak sekitar 40 menit dari Titik Nol IKN.

Melisa Patricia, CEO Sariguna Primatirta, mengatakan beroperasinya pabrik perseroan di IKN ini selain merupakan langkah strategis dalam mengembangkan supply chain distribusi di luar Jawa, juga memiliki makna simbolis yang sangat kuat. “CLEO hadir dengan investasi yang meyakinkan di pusat pemerintahan yang baru, dengan lokasi yang berada di tengah wilayah Republik Indonesia,” kata Melisa pada Senin (8/1/2024).

Perseroan pada tahun lalu itu membelanjakan dana sekitar Rp 300 miliar untuk pembangunan pabrik, penambahan mesin, hingga penguatan jaringan distribusi melalui investasiDengan demikian, Tanobel Group akan mengawali tahun 2024 dengan kepemilikan pabrik air minum merek Cleo sebanyak 32 pabrik, dan menjadi produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia.

CLEO di tahun ini akan menginvestasikan Rp 300 miliar, yakni untuk penambahan pabrik baru, pengembangan pabrik eksisting, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, hingga perluasan jaringan distribusi. Rencananya, perseroan akan membangun 3 pabrik baru di Palu di Sulawesi Tengah; Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pekanbaru, Riau. Dengan ekspansi yang terus dilakukan secara agresif ini, perseroan optimis target pertumbuhan dobel digit setiap tahun, dari pendapatan dan laba bersih akan tercapai.

Selain ekspansi menambah kapasitas produksi, CLEO juga terus aktif meluncurkan produk-produk baru. Belum lama ini, perseroan merilis produk terbaru, Cleo Platine Sparkling Water yang ditujukan untuk segmen konsumen kelas atas. Produk Cleo Platine Sparkling Water ini dikeluarkan untuk memenuhi permintaan dari kalangan hotel, restoran dan cafe premium.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved