Trends

2024, LG Kembangkan Inovasi Berbasis AI

William Cho CEO LG (Dok. LG).

Mengawali tahun 2024 LG Electronics (LG), memperkenalkan visi baru sekaligus tema yang akan diusung pada Consumer Electronics Show (CES) 2024, yaitu “Reinvent Your Future” (Menciptakan Kembali Masa Depan). Menurut William Cho CEO LG, perusahaan elektronik asal Korea Selatan berambisi untuk bertransformasi menjadi perusahaan solusi bagi kehidupan cerdas. Hal ini sejalan dengan pemahaman mendalam tentang konsumen global dan ruang hidupnya yang diperoleh LG sepanjang hampir tujuh dekade.

Ia menambahkan, LG bakal memperlebar bisnisnya. Tak hanya menjadi dukungan pengguna bagi aktivitasnya di rumah, tapi merambah pada beragam ruang termasuk mobilitas, komersial dan virtual. Pada setiap ruang baru ini, perusahaan pun bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan berfokus pada lima elemen utama. Dirangkum dalam 3C2S, kelimanya yaitu Kepedulian (Care), Konektivitas (Connectivity), Kustomisasi (Customization), Pelayanan (Servitization) dan Keberlanjutan (Sustainability).

Dalam perjalanan inovasinya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, LG telah mengidentifikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence – AI) memiliki posisi penting sebagai salahsatu faktor penentu. Namun daripada berfokus pada evolusi teknologi itu sendiri, LG lebih memilih berdedikasi untuk menunjukkan manfaat nyata implementasi AI dalam dunia nyata.

William menyoroti karakteristik unik solusi AI LG. Hal ini dimulai dari kemampuannya untuk memanfaatkan kekayaan data, baik dalam skala maupun kualitasnya. Dikatakannya, di antara 500 hingga 700 juta produk LG yang digunakan di seluruh dunia hingga saat ini, terdapat banyak yang telah dilengkapi sensor cerdas dengan dukungan AI. Dukungan ini dioptimalkan untuk mempelajari dan menganalisis pola kehidupan pengguna baik secara fisik maupun emosional.

Dengan memanfaatkan data dari kehidupan nyata inilah yang menurutnya menjadi keuntungan tersendiri bagi LG bila dibandingkan dengan perusahaan yang mengandalkan data berbasis internet untuk pengembangan AI. Pasalnya, kumpulan data ini memberikan wawasan berharga mengenai interaksi pengguna dan perangkat, lingkungan pengguna, pola perilaku dan keadaan emosi.

Data multi aspek yang dikumpulkan dari perangkat yang saling terhubung ini, menyokong LG dalam mendapat gambaran lebih lengkap tentang kehidupan penggunanya di rumah. “Dengan bermodalkan hal inilah kemudian memungkinkan LG memberikan solusi gaya hidup lebih baik dan cerdas,” ujar William, melalui Youtube Streaming LG CES 2024 Press Conference (9/1).

Selain itu, William menjabarkan peran integral yang dimainkan LG AI Brain, mesin pemrosesan canggih yang digerakkan Large Language Model (LLM) LG. Dengan memanfaatkan besarnya data pengguna, LG AI Brain memperkirakan kebutuhan pengguna tak hanya berdasarkan interaksi antara pengguna dan produk. Keseluruhan hal ini memungkinkan LG memberikan layanan dan pengalaman cerdas di berbagai ruang kehidupan pengguna. “Semuanya disampaikan dengan cara lebih cerdas dan efisien. Menunjukkan perhatian yang tertanam dalam konsep kecerdasan yang penuh afeksi dari LG,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved