Financial Report Capital Market & Investment

Fokus 3 Komoditas, Eksplorasi ANTM 2023 Telan Biaya Rp278 Miliar

Kantor pusat PT Antam di Jakarta. (dok ANTM)

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mengumumkan laporan eksplorasi untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, Rabu (10/01/2023). Kegiatan eksplorasi ANTAM berfokus pada komoditas emas, nikel dan bauksit.

Corporate Secretary ANTM Syarif Faisal Alkadrie mengatakan dengan fokus pada tiga komoditas tersebut, jumlah pengeluaran preliminary unaudited sebesar Rp278,03 miliar. “Sampai dengan 31 Desember 2023, total biaya eksplorasi preliminary unaudited ANTAM mencapai Rp278,03 miliar dengan fokus pada komoditas emas, nikel dan bauksit,” kata Syarif dalam keterbukaannya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Syarif mengungkapkan sampai dengan 31 Desember 2023, untuk kegiatan eksplorasi emas perseroan dilaksanakan di Pongkor, Jawa Barat. Di wilayah Pongkor, kegiatan yang dilakukan yaitu pengeboran bawah tanah (underground drilling) dan pengeboran permukaan (surface drilling).

Sementara eksplorasi nikel sampai dengan 31 Desember 2023 dilakukan di daerah Konawe Utara dan Pomalaa, Sulawesi Tenggara serta Tanjung Buli, Maluku Utara. Di daerah Konawe Utara, kegiatan yang dilakukan antara lain pemetaan geologi, percontoan core, logging core, pengukuran grid & reukur, pemasangan patok ukur dan pemboran spasi.

“Di daerah Pomalaa, kegiatan yang dilakukan antara lain pemetaan geologi, percontoan core, logging core, pengukuran grid & eukur, pemasangan patok ukur dan pemboran single ube. Sedangkan di daerah Tanjung Buli, kegiatan yang dilakukan antara lain pemetaan geologi, percontoan core, logging core, percontoan permukaan, pengukuran lintasan grid, pemasangan patok ukur dan pemboran ingle tube,” ujarnya.

Untuk eksplorasi bauksit sampai dengan 31 Desember 2023, perusahaan melakukannya di daerah Tayan, Mempawah dan Landak, Kalimantan Barat. Di wilayah tersebut, kegiatan yang dilakukan yaitu pemetaan geologi, pengukuran grid/polygon, pengukuran GPS geodetik, test pit, logging test pit, percontoan test pit dan percontoan batuan.

ANTM, lanjut Syarif, melalui Unit Geomin melaksanakan kegiatan eksplorasi mineral yang terintegrasi yang meliputi aktivitas survei area, eksplorasi geologi, eksplorasi geofisika, survei geodesi, pengeboran, pengujian analisa fisik dan kimia, perhitungan cadangan dan sumberdaya mineral yang didukung dengan Sistem Informasi Geografi yang terintegrasi.

“Kegiatan eksplorasi dilaksanakan untuk memastikan kecukupan potensi sumberdaya dan cadangan mineral strategis perusahaan. Kegiatan eksplorasi nikel bertujuan untuk menunjang keberlangsungan operasi dan inisiasi pengembangan hilirisasi nikel perusahaan,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved