CSR Corner

Pertamina Hulu Energi Bangun Rumah Pengering Ikan di Pulau Sabira

PHE OSES merampungkan pembangunan rumah pengering ikan di Pulau Sabira, Kepulauan Seribu di Jakarta pada Rabu, 10 Januari 2024. (Foto : PHE).

PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) bersama Kelompok Pengolah Pemasar (Pokhlahsar) Selar Asin melihat potensi yang ada di Pulau Sabira di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. PHE OSE menggelar program pemberdayaan masyarakat bertajuk Pendekar Sabira dan memberikan bantuan teknologi rumah pengering ikan.

Teknologi ini mengadopsi cara yang digunakan mitra binaan Pertamina lainnya di wilayah Subang, Jawa Barat. Rumah pengering bekerja dengan cara menyerap panas matahari dan menyalurkannya sehingga suhu ruangan stabil dan mencapai 55 derajat celcius di malam hari.

Pada Rabu pekan ini, proses pembangunan rumah pengering ikan selesai lebih cepat dari yang direncanakan. Tak hanya memperbarui teknologi pengeringan, PHE OSES melalui Pendekar Sabira juga mengadakan Kelas Pintar untuk memperluas wawasan kelompok dalam pemasaran dan pengembangan produk olahan ikan lainnya seperti kerupuk ikan dan kerupuk cumi.

Indra Darmawan, Head of Communication, Relations & CID PHE OSES, mengatakan rampungnya pembangunan rumah pengering ikan diapresiasi seluruh pihak. Indra, pada pernyataan tertulisnya ini, menyampaikan optimalisasi proses pengolahan produk melalui pemanfaatan rumah pengering ikan serta peningkatan wawasan pemasaran melalui Kelas Pintar itu diharapkan meningkatkan kualitas produk olahan ikan di Pulau Sabira. “Semoga kualitas produk olahan ikan akan menjadi lebih baik serta memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” ujar Indra di Jakarta, Kamis (11/1/2024),

Ali, Ketua RW yang memantau langsung pembangunan rumah pengering ikan, mengapresiasi kontribusi PHE OSES. “Rumah pengering ikan merupakan gebrakan baru bagi Poklahsar Selar Asin Sabira. Kami berharap teknologi bantuan dari PHE OSES ini bisa membantu menaikkan nilai jual produk ikan selar asin, dikarenakan kualitas produk kini terjaga dari hulu hingga ke hilir,” ucap Ali.

Pulau Sabira sebagai pulau yang berada paling utara dari Provinsi DKI Jakarta dikenal sebagai wilayah penghasil ikan segar dan olahan. Salah satu produk olahan yang diandalkan adalah ikan selar asin. Sebelumnya, pengolahan ikan selar asin kerap kali dilakukan secara tradisional dengan mengandalkan penjemuran melalui sinar matahari, sehingga proses pengeringannya berlangsung cukup lama dan hasilnya tidak efisien.

Adapun, PHE OSES merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tergabung dalam Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, bersama dengan PHE ONWJ, dan Pertamina EP Jawa Barat. Area kerja PHE OSES terletak di provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved