Business Update

Lion Parcel Terus Penuhi Kebutuhan Logistik Korporasi

Oleh Editor

Sektor logistik di Indonesia telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi. Sebagai perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia, Lion Parcel (PT Lion Express) menyadari bahwa persaingan bisnis tidak dapat dihindari, dan diperlukan inovasi agar dapat tetap relevan dengan kebutuhan pasar.

Hingga saat ini, pengiriman Lion Parcel telah menjangkau 98% area di Indonesia dan lebih dari 50 negara internasional yang didukung jaringan serta infrastruktur Lion Group. Lion Parcel memiliki akses ke 350+ armada penerbangan Lion Group, didukung oleh 7.000+ agen ritel, 3.000+ armada darat dan 15.000+ kurir antar.

Menurut Chief Sales Officer Lion Parcel Arif Wibowo, sejalan dengan perkembangan bisnis yang dinamis, market industri logistik juga menjadi beragam termasuk permintaan yang tinggi dari segmen korporasi. “Secara kebutuhan, market ritel dan korporat tentunya memiliki segmentasi yang berbeda-beda. Untuk memenuhi kebutuhan pengiriman bagi segmen korporat, Lion Parcel turut menggarap segmen B2B ini. Segmen B2B memiliki keunggulan dari sisi volume transaksi lebih besar dan konsisten karena biasanya proses kerja sama dilakukan dalam jangka waktu panjang,” ungkap Arif.

Saat ini, lanjutnya, Lion Parcel telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 klien korporat dari berbagai industri seperti farmasi dan healthcare, perbankan, e-commerce, otomotif, ritel, hingga elektronik.

“Dalam melayani segmen market B2B, faktor penting yang perlu dilakukan adalah adanya customized service sehingga dapat memastikan kebutuhan klien terpenuhi sejak awal pendekatan kerja sama hingga layanan after sales. Kami berkomitmen memberikan end to end service melalui fasilitas dedicated PIC bagi setiap klien,” jelas Arif.

Melalui dedicated PIC khusus (tim B2B Monitoring dan tim customer service prioritas), Lion Parcel terus menjaga hubungan baik secara day-to-day untuk memastikan kebutuhan klien terpenuhi dari sisi pengiriman. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menjadi #BeraniDiandelin, Lion Parcel juga berupaya menjaga kepuasan klien melalui pengiriman yang tepat waktu.

Lion Parcel juga terus melakukan analisis kebutuhan pelanggan terkait pengiriman dan mencoba menawarkan solusi yang tepat bagi klien. Selain itu, Lion Parcel juga melakukan pendekatan kepada pihak yang berwenang mengambil keputusan seperti level eksekutif untuk mengetahui informasi mendalam mengenai kebutuhan mereka terhadap jasa kirim. Dari sisi komersial, Lion Parcel juga memberikan special rate terutama bagi klien dengan volume pengiriman tinggi dan kerja sama dalam jangka waktu yang panjang.

Lion Parcel memahami bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan logistik yang unik. Oleh karena itu, perusahaan ini menawarkan ragam pilihan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan korporasi. Di antaranya JAGOPACK (pengiriman paket dengan harga ekonomis), REGPACK (pengiriman paket dengan harga dan layanan reguler), BOSSPACK (pengiriman paket dengan layanan prioritas dan keuntungan ekstra), INTERPACK (pengiriman paket dan dokumen dari Indonesia ke luar negeri), BIGPACK (pengiriman paket besar mulai dari 10 kg dengan harga lebih hemat) dan OTOPACK (pengiriman motor ke seluruh Indonesia berkapasitas mesin 150cc dan 250cc).

Lion Parcel juga melayani special service untuk pengiriman barang yang membutuhkan penanganan khusus sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan masing-masing. Sebagai contoh, handling khusus bagi perusahaan kesehatan (pharmaceutical) yang mengirim obat-obatan atau vaksin yang memiliki lifetime tertentu sehingga harus diterima dengan segera.

Tidak hanya pengiriman, sebagai komitmen menghadirkan ekosistem logistik yang terintegrasi, Lion Parcel juga menghadirkan LILO, yakni fasilitas pergudangan yang holistik dan terintegrasi. LILO menjadi rekan yang bisa membantu berbagai kebutuhan bisnis, mencakup: penyimpanan barang & handling (inbound, inventory, pick and pack, pengiriman), integrasi dengan pengiriman Lion Parcel ke seluruh Indonesia, hingga daily stock monitoring via dashboard khusus yang terintegrasi berkat order management system dan warehouse management system.

Sebagai gambaran hasil yang telah dicapai, hingga kuartal III-2023, Lion Parcel mencatat peningkatan tonase pengiriman hingga 50%. Kinerja positif ini turut didukung oleh segmen B2B. Dengan focus pada kepuasan pelanggan dan peningkatan terus-menerus, Lion Parcel memposisikan diri sebagai mitra logistik yang selalu #BeraniDiandelin bagi pelanggan di Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved