Marketing Trends

Pentingnya Industri Penjualan Langsung Bertranformasi ke Digital Marketing

Untuk memberikan penghargaan kepada para mitra usaha yang telah mencapai peringkat tertinggi untuk kategori Top Sales Volume dan Top Sponsoring di perusahaan penjualan langsung, khususnya perusahaan anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), diberikan APLI Awards. Ini merupakan bukti bahwa industri penjualan langsung memberikan peluang tak terbatas untuk menjadi seorang entrepreneur tanpa harus dari pemilik modal dan tanpa melihat latar belakang pendidikan

Kegiatan ini melibatkan para pelaku industri penjualan langsung serta pemangku kepentingan guna mensosialisasikan kembali industri tersebut serta dampak positif secara ekonomi dan sosial terhadap masyarakat.

Tahun ini, APLI Awards 2023 merupakan penyelenggaraan kegiatan tahun ke- 4, yang sebelumnya diawali pada 2020, tahun 2021 serta 2022. Tema yang diangkat dari WFSDA World Congress XVII, Dubai, UAE, yakni ‘Reimagine, Reinvent, Redefine’.

Dan di era digital saat ini, hampir semua proses bisnis di dunia telah memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik, pertukaran, penjualan barang, pelayanan jasa dan informasi secara elektronik.

Oleh karena itu, tema tersebut di atas memberikan pesan agar industri penjualan langsung (direct Selling) harus segera bertransformasi dari yang bersifat konvensional door to door menjadi bersifat digital, sehingga dapat memasarkan secara luas untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi dan kelangsungan industri penjualan langsung dengan cara membangun bisnis penjualan langsung di dunia digital (Reimagine), memahami profil penjual langsung secara menyeluruh (Reinvent) dan mengukur dampak kolektif terhadap loyalitas dan kepercayaan masyarakat (Redefine).

Sebagai contoh, di beberapa negara, telah mengizinkan penjualan produk-produk penjualan langsung untuk dijual melalui marketplace, antara lain Malaysia. Sedangkan di Thailand, Brazil dan China dapat menjual produk-produk penjualan langsung melalui platform digital marketing.

Ketua Umum APLI Kany V. Soemantoro mengatakan, “Kami mengajak para mitra usaha yang terdaftar di perusahaan penjualan langsung yang bernaung di APLI, untuk tetap memiliki semangat tinggi membangun bangsa melalui kiprahnya di bisnis penjualan langsung secara sehat dan benar.” Saat ini industri penjualan langsung mampu mendongkrak perekonomian negara dengan cukup signifikan, sumbangan terhadap produk domestik bruto didominasi oleh konsumsi rumah tangga serta berkontribusi positif dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Sekjen APLI Ina Rachman menambahkan, agar industri penjualan langsung ini terus bertumbuh di abad digital, maka diperlukan peraturan yang khusus untuk mengatur dan mengizinkan kegiatan industri penjualan langsung melalui platform digital sehingga dapat mengubah paradigma bisnis klasik dengan menumbuhkan model-model interaksi dan transaksi yang modern antara perusahaan penjualan langsung dengan para mitra usahanya secara virtual tanpa menghilangkan ciri distribusi eksklusifnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved