Technology Trends

MTDL Gandeng Perusahaan Vietnam Kembangkan Transformasi Digital

PT Metrodata Electronics Tbk., (IDX: MTDL) menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan digital transformation di Vietnam, FPT Information System (FPT IS). Memorandum ini bertujuan mengeksplorasi kemungkinan bersinergi dalam pembangunan solusi transformasi digital kelas dunia, yang didukung oleh solusi Cloud, Data, dan Artificial Intelligence (AI).

Inisiatif ini juga menandai langkah penting menuju peningkatan kerja sama antara bisnis di kedua negara, khususnya dalam memajukan pengembangan teknologi digital, terutama di bidang AI.

Susanto Djaja, Presiden Direktur Metrodata mengatakan, tujuan kolaborasi ini adalah mempersiapkan negara untuk tidak hanya memanfaatkan teknologi sebagai pengguna, tetapi juga melampaui peran konvensional sebagai pengguna teknologi, mengembangkan kapasitas dalam berkreasi dan berinovasi.

“Dalam kolaborasi ini, kami akan bersama-sama fokus untuk mempromosikan aplikasi berbasis AI guna meningkatkan produktivitas dan mempercepat kemajuan menuju pencapaian tujuan ‘Visi Indonesia 2045’. Tindakan strategis ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk menjadikan teknologi sebagai mesin pertumbuhan dan mercusuar bagi pembangunan ekonomi digital berkelanjutan Indonesia,” katanya dalam siaran pers (16/01/2024).

Ia menyebut bahwa ekonomi digital Indonesia menawarkan banyak peluang dan prospek, dengan proyeksi mencapai US$ 1,5 triliun dan menyumbang 14% dari PDB. Terutama, infrastruktur cloud dan peluang terkait AI diharapkan akan berlipat ganda setiap lima tahun.

“Daya saing digital Indonesia telah meningkat drastis selama bertahun-tahun, terutama selama pandemi Covid-19, memberikan kesempatan bagi perusahaan teknologi seperti FPT IS dan Metrodata untuk berkontribusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi,” lanjut Susanto.

Adapun lolaborasi ini berpotensi melibatkan berbagai area kritis, di antaranya pengembangan pasar untuk aplikasi dan solusi digital transformation yang disesuaikan dengan wilayah Indonesia. Ini bertujuan untuk transformasi hijau dan akselerasi digital. Kemudian inisiatif pendidikan akan difokuskan pada pengembangan bakat profesional, khususnya pada bidang data science, machine learning, dan pemrograman AI.

Pembentukan platform infrastruktur AI akan mencakup teknologi Cloud dan GPU, serta pembuatan model machine learning dan aplikasi AI yang inovatif. Selain itu, FPT IS dan Metrodata disebut akan memanfaatkan sumber daya dan keahlian maksimal mereka untuk secara efektif berinvestasi dan mendukung kemungkinan membentuk usaha patungan dalam waktu dekat. Tujuannya, menjadi penyedia solusi digital transformation terkemuka di Indonesia, memenuhi standar internasional dalam waktu lima tahun ke depan.

Tran Dang Hoa, Chairman of FPT IS menekankan bahwa kolaborasi ini akan menjadi pondasi penting bagi kedua entitas untuk memanfaatkan potensi internal mereka, mengembangkan produk dan layanan teknologi, mencapai status “kelas dunia”, dan menciptakan keuntungan pertumbuhan signifikan bagi bisnis.

Sebagai penekanan lebih lanjut terhadap pengalaman 30 tahun, FPT IS dalam mendukung perkembangan ekonomi Vietnam dan regional, Hoa menyoroti keselarasan dengan perubahan signifikan dalam ekosistem teknologi yang dikembangkan oleh FPT IS, berbasis pada teknologi inti seperti AI, data, cloud, dan blockchain.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved