Management Trends

Diprediksi Tumbuh Pesat, Ini 5 Peluang Karier di Industri Kripto

Tahun 2024 diprediksi menjadi tonggak sejarah bagi industri kripto dengan pertumbuhan yang pesat baik dari sisi transaksi maupun pengguna serta transformasi mendalam dalam lanskap keuangan global. Industri ini pun telah menciptakan berbagai peluang karier yang menarik bagi individu yang tertarik dan ingin mendalami tentang teknologi blockchain.

Resna Raniadi, Chief Operating Officer Upbit Indonesia mengatakan, memasuki tahun 2024, industri kripto menawarkan berbagai macam peluang profesi yang bisa dibilang baru dengan cakupan luas, mulai dari teknis hingga nonteknis. Beberapa pekerjaan memerlukan ketrampilan teknis serta pemahaman mendalam tentang blockchain, namun ada juga yang menekankan aspek lain seperti aspek keuangan, pemasaran, dan keamanan.

“Keberagaman profesi di industri kripto menawarkan peluang bagi individu dengan berbagai latar belakang untuk berkontribusi pada revolusi keuangan digital yang terus berkembang ini,” katanya.

Bursa perdagangan aset digital ini merangkum beberapa jenis pekerjaan yang menjanjikan di dunia kripto pada tahun 2024. Pertama, blockchain developer. Seiring dengan teknologi blockchain yang terus berkembang, profesi ini membutuhkan keterampilan teknis dan pemahaman mendalam tentang teknologi blockchain untuk terus merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan aplikasi atau protokol yang berbasis blockchain.

Kedua, analis data. Dengan jumlah data blockchain yang terus berkembang, terdapat peluang karier untuk menjadi analis data kripto. Kemampuan untuk menganalisis transaksi, tren pasar, dan perilaku pengguna dapat memberikan informasi berharga bagi perusahaan dan investor dalam membuat keputusan yang tepat.

Ketiga, manajemen risiko dan kepatuhan. Seiring dengan peningkatan pengawasan terhadap industri kripto, terdapat kebutuhan yang lebih besar untuk profesional yang dapat mengelola risiko dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan. Perusahaan kripto membutuhkan ahli yang memahami kerangka kerja regulasi global dan juga dapat mengembangkan strategi kepatuhan yang efektif.

Keempar, manajer komunitas dan pemasaran. Dengan komunitas kripto yang terus berkembang, manajer komunitas dan pemasaran bekerja untuk membangun, memelihara, dan memperluas komunitas pengguna. Lingkup pekerjaannya meliputi pengelolaan media sosial, organisasi acara, dan kampanye pemasaran untuk meningkatkan visibilitas proyek atau perusahaan.

Kelima, konsultan regulasi kripto. Dengan meningkatnya perhatian pemerintah terhadap regulasi kripto, konsultan regulasi kripto memberikan panduan kepada perusahaan dan projek untuk memastikan kepatuhan dengan peraturan yang berkembang.

“Baru-baru ini kami bekerja sama dengan Asosiasi Blockchain Indonesia untuk memperkenalkan aset kripto kepada generasi muda melalui campus roadshow. Melihat antusiasme yang tinggi pada para mahasiswa ini mengenai aset kripto, membuat kami berkomitmen untuk terus memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat Indonesia tentang aset kripto dan perkembangan teknologi blockchain,” tutur Resna.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved