Automotive

Harga Saham Dharma Polimetal (DRMA) Naik Tipis

Pabrik komponen otomotif PT Dharma Polimetal Tbk. (Foto : Dok).

Harga saham PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) pada perdagangan Rabu pekan ini naik tipis 0,74% atau bertambah Rp 10 sehingga menjadi Rp 1.365 dari perdagangan sebelumnya. Perseroann berancang-ancang menguasai pasar komponen kendaraan listrik yang membesar menyusul pelonggaran aturan mengenai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk kendaraan listrik. Kebijakan TKDN ini bertujuan untuk menarik minat investor membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Fleksibilitas dari regulasi pemerintah itu semakin memacu DRMA untuk mengembangkan komponen-komponen inovatif, meningkatkan kualitas, dan memperluas kapasitas produksi komponen, khususnya yang terkait dengan kendaraan listrik. Perusahaan berencana untuk melakukan ekspansi guna memenuhi permintaan dari merek-merek otomotif kendaraan roda dua maupun roda empat.

DRMA akan mendukung penuh setiap kebijakan pemerintah, terutama terkait upaya percepatan pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia. “Kami akan memanfaatkan aturan TKDN ini untuk semakin meningkatkan kapasitas produksi dan perluasan portofolio komponen kami sehingga semakin diperhitungkan di pasar internasional,” kata Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Sejalan dengan prospek dan potensi industri otomotif Indonesia di 2024, pemerintah memberikan kelonggaran waktu pencapaian target TKDN kendaraan listrik sebesar 40%. Pelonggaran waktu yang tertuang pada Perpres Nomor 79 Tahun 2023 tentang perubahan atas Perpres 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para merek luar untuk berinvestasi di Indonesia dan melakukan lokalisasi agar industri komponen mobil listrik lokal dapat tumbuh dan berkembang.

Relaksasi aturan TKDN tersebut berdampak positif. Sebab, peluncuran mobil listrik dengan harga yang lebih murah karena dirakit di Indonesia dengan menggunakan komponen lokal itu semakin semarak. Ini merupakan potensi besar bagi bisnis produksi komponen otomotif yang dijalankan DRMA. Dengan rekam jejak kuat yang dimiliki, DRMA telah memproduksi komponen otomotif untuk klien-klien dengan beberapa merek ternama dari Jepang dan Korea Selatan.

Beberapa merek ternama tersebut telah menjadikan Indonesia sebagai basis produksi komponen mereka, yang kemudian komponennya akan diekspor ke berbagai negara lain. Ekspor mobil secara utuh atau completely built up (CBU) pada 2023 naik sebesar 6,7%, mencapai 505.134 unit dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang sejumlah 473.602 unit.

Merek-merek ternama Jepang dan Korea Selatan yang merupakan pelanggan DRMA seperti Daihatsu, Toyota, Mitsubishi Motors, dan Hyundai menjadi 4 merek mobil teratas yang melakukan ekspor sepanjang 2023.

Dengan kemampuan produksi komponen yang telah memenuhi standar internasional, DRMA juga telah dipercaya untuk pengadaan komponen bagi merekmerek lain, seperti contohnya suspension member untuk Yaris Cross, Hyundai Creta, dan Stargazer.

Oleh karena itu, dengan kelonggaran TKDN yang diberikan pemerintah, DRMA bersiap untuk turut membidik pasar luar negeri melalui para pelanggannya. Sementara itu, optimisme selesainya era suku bunga tinggi, peningkatan mobilitas, hingga perkembangan kendaraan listrik diperkirakan akan menjadi katalis yang membuat kinerja sektor otomotif diprediksi bisa lebih baik di tahun 2024. Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) memproyeksikan penjualan mobil baru sebesar 1,1 juta unit di 2024, meningkat dari pencapaian tahun 2023 yang sebesar 1 juta unit.

Perseroan membidik pertumbuhan pendapatan juga akan meningkat di tahun 2024 ini. Adapun mengenai kinerja tahun 2023 yang baru saja berakhir, DRMAmemperkirakan dapat membukukan pertumbuhan pendapatan di kisaran 40%. Hingga kuartal III/2023, penjualan DRMA meningkat hingga 59,7% menjadi Rp 4,3 triliun (year on year).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved