Business Update

WFH Jadi Makin Produktif Dengan 14 Perlengkapan Ini

Oleh Editor
WFH Jadi Makin Produktif Dengan 14 Perlengkapan Ini

Dengan meningkatnya tren bekerja dari rumah, memiliki ruang kerja yang nyaman dan fungsional menjadi penting. Berikut adalah daftar peralatan esensial yang akan membantu Anda menciptakan lingkungan kerja yang kondusif di rumah, termasuk produk meja kerja yang bisa dibeli secara online, salah satunya melalui Renos.

Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi sebagian orang dianggap kurang nyaman, karena tidak dipenuhi dengan fasilitas selayaknya di kantor. Nah, WFH sejatinya dapat lebih nyaman jika didukung dengan 14 perlengkapan berikut ini!

1. Meja Kerja Ergonomis

Fondasi dari setiap ruang kerja adalah meja kerja yang baik. Pilihlah meja kerja yang ergonomis, yang berarti tinggi dan luasnya harus memungkinkan Anda bekerja dengan nyaman tanpa harus membungkuk atau meregang. Pertimbangkan meja dengan ruang yang cukup untuk komputer, dokumen, dan peralatan kerja lainnya. Meja dengan fitur tambahan seperti rak penyimpanan atau laci dapat membantu menjaga organisasi dan kebersihan meja kerja Anda.

2. Kursi Kantor yang Nyaman

Kursi yang nyaman adalah kunci untuk mencegah rasa lelah dan sakit punggung. Cari kursi kantor yang mendukung postur duduk yang benar, dengan dukungan lumbar, tinggi yang bisa diatur, dan bantalan yang nyaman. Kursi yang dapat berputar dan memiliki roda akan menambah fleksibilitas dan memudahkan pergerakan di ruang kerja.

3. Monitor LED

Pemilihan monitor yang tepat merupakan faktor penting dalam bekerja dari rumah. Monitor LED adalah pilihan yang sangat baik karena menawarkan kualitas gambar yang tajam dengan konsumsi energi yang rendah. Pilihlah monitor dengan ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan kerja Anda, serta resolusi yang tinggi untuk mengurangi ketegangan mata. Monitor dengan fitur penyesuaian tinggi atau kemiringan juga dapat membantu mengoptimalkan ergonomi. Untuk pekerjaan yang membutuhkan multi-tasking atau pengeditan grafis, pertimbangkan monitor dengan layar lebar atau setup monitor ganda untuk efisiensi maksimal.

4. Koneksi Internet yang Cepat dan Handal

Koneksi internet yang cepat dan stabil adalah hal yang tidak bisa ditawar dalam bekerja dari rumah. Pastikan Anda memiliki paket internet yang memadai dengan kecepatan unduh dan unggah yang baik, serta perangkat seperti modem atau router yang mendukung.

5. Headset atau Earphone Berkualitas

Untuk telekonferensi atau mendengarkan presentasi, headset atau earphone berkualitas dengan mikrofon yang baik sangat penting. Model dengan pembatalan suara aktif bisa sangat membantu dalam mengurangi gangguan dari lingkungan sekitar.

6. Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk menghindari ketegangan mata. Selain pencahayaan alami, tambahkan lampu meja atau lampu berdiri yang memberikan cahaya yang cukup untuk ruang kerja Anda. Pilihlah lampu dengan penerangan yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

7. Tempat Penyimpanan Dokumen

Untuk menjaga dokumen dan peralatan kerja lainnya tetap terorganisir, tambahkan tempat penyimpanan seperti rak, laci, atau file cabinet. Ini akan membantu Anda menjaga ruang kerja tetap rapi dan memudahkan pencarian dokumen ketika diperlukan.

8. Alat Tulis dan Perlengkapan Kantor

Meskipun banyak pekerjaan dilakukan secara digital, alat tulis dan perlengkapan kantor seperti pena, kertas, stapler, dan gunting tetap diperlukan. Simpan perlengkapan ini dalam jangkauan untuk efisiensi kerja.

9. Whiteboard

Papan catatan atau whiteboard bisa sangat membantu untuk mencatat ide, jadwal, atau to-do list. Ini juga bisa menjadi alat visualisasi yang efektif untuk memetakan proyek atau target kerja.

10. Tanaman atau Dekorasi Ringan

Menambahkan tanaman atau dekorasi ringan dapat membuat ruang kerja lebih hidup dan menyenangkan. Tanaman tidak hanya memperindah ruangan, tetapi juga bisa membantu menyaring udara dan memberikan rasa tenang.

11. Stop Kontak dan Pengatur Kabel

Dengan semakin banyaknya peralatan elektronik yang digunakan, memastikan ketersediaan stop kontak yang cukup dan pengaturan kabel yang rapi menjadi penting. Gunakan power strip atau extension cord dengan banyak lubang untuk mengakomodasi semua perangkat Anda. Selain itu, gunakan pengikat kabel atau organizer kabel untuk menjaga kabel-kabel tetap teratur dan menghindari kekacauan.

12. Printer Multifungsi

Sebuah printer multifungsi yang bisa mencetak, memindai, dan menyalin dokumen adalah tambahan yang berguna untuk ruang kerja rumah Anda. Pilih model yang hemat energi dan memiliki fitur konektivitas nirkabel untuk kemudahan penggunaan.

13. Coffee Maker atau Pemanas Air

Untuk menambah kenyamanan di ruang kerja, pertimbangkan menambahkan coffee maker atau pemanas air. Hal ini memudahkan Anda untuk membuat kopi atau teh tanpa harus meninggalkan ruang kerja, menjaga produktivitas dan fokus kerja.

14. Papan Pengumuman atau Kalender Dinding

Papan pengumuman atau kalender dinding sangat berguna untuk mengatur jadwal dan mengingatkan deadline penting. Tempatkan di area yang mudah dilihat dari tempat duduk Anda.

15. Bantal Leher

Bantal leher merupakan alat bantu yang sering digunakan untuk menunjang kenyamanan, terutama saat bekerja dari rumah. Desainnya yang ergonomis dan bentuk yang melengkung memberikan dukungan pada leher dan mengurangi ketegangan pada otot-otot leher serta bahu. Dalam konteks bekerja dari rumah, bantal leher bisa menjadi sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang menghabiskan waktu lama duduk di depan komputer atau laptop. Penggunaan bantal leher dapat membantu menjaga postur tubuh yang tepat, mengurangi risiko nyeri leher dan bahu yang sering terjadi karena duduk dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama.

Membangun ruang kerja yang efektif di rumah membutuhkan peralatan yang tepat dan organisasi yang baik. Dengan meja kerja yang ergonomis, kursi yang nyaman, peralatan teknologi yang memadai, serta organisasi ruang yang rapi, Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Hal ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga menjaga kesehatan dan kenyamanan Anda selama bekerja dari rumah. Ingat, ruang kerja yang terorganisir dan nyaman adalah kunci untuk kesuksesan dalam bekerja dari rumah.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved