Marketing Trends

Program MBA Binus Business School Raih Posisi 36 Terbaik Se-Asia

Dr. Rini Setiowati, Dekan Binus Business School Master Program

Tahun 2024 ini, peringkat QS Global MBA resmi diterbitkan dan menetapkan Binus Business School (BBS) di peringkat pertama untuk program MBA di tingkat nasional. Keberhasilan ini menegaskan komitmen BBS terhadap visi dan misinya untuk memberdayakan calon pemimpin dan profesional bisnis yang dapat berkontribusi positif terhadap kemajuan masyarakat.

QS Global MBA Rankings 2024 menempatkan BBS di rentang posisi ke-201 hingga 250 dalam skala global atau Global MBA. Dengan peringkat ini, BBS berhasil masuk dalam daftar 250 program MBA terbaik di dunia versi QS.

Pada tingkat Asia, BBS kini berada di posisi ke-36, mengalami kenaikan satu peringkat dibandingkan dengan prestasi pada QS Global MBA Rankings 2023 yang sebelumnya berada di posisi ke-37. Lebih lanjut, jika dibandingkan secara nasional, BBS menempati posisi puncak sebagai program MBA terbaik di Indonesia.

Peringkat ini diperoleh melalui perbandingan dengan 315 program magister bisnis global, termasuk 48 perguruan tinggi di Asia. Keberhasilan BBS dalam mempertahankan posisi yang tinggi menunjukkan daya saing yang kuat dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya.

Prestasi BBS di tingkat Indonesia semakin memperkuat reputasi pendidikannya, terutama karena ini adalah ketiga kalinya BBS meraih posisi teratas. Keistimewaan ini semakin terasa mengingat QS Global MBA dalam penilaiannya komprehensif dari tahun ke tahun, selalu mempertimbangkan berbagai faktor. Sebut saja tingkat penerimaan lulusan sebagai tenaga kerja, keberagaman lingkungan kampus, dan kontribusi penelitian akademis dari alumni. Ketiga aspek utama ini mencerminkan bahwa sebuah institusi pendidikan mampu menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi penelitian dan pengembangan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di dunia industri.

BBS menyadari bahwa pencapaian terbaru mereka dalam peringkat QS Global MBA Rankings 2024, baik secara global, regional, maupun nasional, tidak akan tercapai tanpa kontribusi yang signifikan dari para staf akademik.

Dalam melaksanakan kurikulum yang telah dirancang secara komprehensif, peran penting diberikan kepada tenaga pengajar, termasuk para dosen, yang bertugas untuk mewariskan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada para mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari mereka, memberikan dampak nyata bagi masyarakat, dan secara keseluruhan memperkuat bukti kualitas perguruan tinggi.

Peringkat QS Global MBA adalah evaluasi yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS), lembaga riset pendidikan yang terkenal, untuk menilai dan memeringkat program-program Master of Business Administration (MBA) di seluruh dunia. Rating ini dapat membantu calon mahasiswa dalam mengambil keputusan yang lebih informatif ketika memilih program MBA yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karir mereka.

QS Global MBA Rankings memberikan gambaran tentang kualitas dan reputasi program MBA dari berbagai universitas dan sekolah bisnis. Penilaian ini dilakukan berdasarkan sejumlah kriteria, termasuk reputasi akademik, reputasi di kalangan pengusaha, rasio mahasiswa per dosen, keberagaman siswa, pengalaman kerja siswa, dan sejumlah faktor lainnya yang dianggap relevan dalam menilai kualitas program MBA.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Rini Setiowati, Dekan Binus Business School Master Program menjelaskan, semua ini berkat dukungan dan kerja keras berbagai pihak dalam menyelenggarakan pendidikan bisnis terbaik di Indonesia. “Kami berharap, pencapaian ini dapat memberikan kontribusi yang lebih lagi di bidang pendidikan bisnis, melalui membina dan memberdayakan masyarakat untuk negeri kita tercinta,” jelasnya. Prestasi ini diakui Rini tidak hanya menjadi suatu catatan sejarah bagi sekolah bisnis di Indonesia tersebut, tetapi juga mencerminkan pencapaian memuaskan.

Dengan mempertahankan posisinya di rentang peringkat 201-250 dalam daftar 250 Program MBA Terbaik di dunia versi QS Global MBA 2024, BBS berhasil mengangkat posisinya menjadi peringkat 36 di wilayah Asia. Selain itu, prestasi ini menandai posisi puncak BBS sebagai program MBA di Indonesia selama tiga tahun berturut-turut, sejak tahun 2021.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari konsistensi BBSl dalam memegang teguh visi dan misinya, yaitu memberdayakan masyarakat melalui tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang komprehensif, yang terus disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved