Management Trends

Upaya BUMN Wujudkan Employee Well Being di Lingkungannya

Menteri BUMN Erick Thohir usai peluncuran kebijakan Employee Well Being di BUMN. (foto Ubaidillah/SWA)

Kementerian BUMN telah meluncurkan milestone kebijakan employee well being pada peringatan Hari Ibu 22 Desember 2023 lalu. Per hari ini, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan seluruh BUMN dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif, sehat, aman, nyaman, dan bahagia bagi seluruh insan Grup BUMN.

Kebijakan tersebut ditegaskan dalam surat edaran tentang Employee Well-being Policy (EWP) di lingkungan BUMN yang ditujukan kepada seluruh dewan komisaris, direksi, dan karyawan BUMN. Kementerian BUMN sudah mengawali gerakan ini dengan peluncuran daycare pada Desember tahun lalu untuk menjadi showcase pengelolaan bagi BUMN.

“Sekarang ini surat edaran kami terbitkan untuk seluruh dewan komisaris, direksi, dan karyawan BUMN agar dapat menerapkan hal yang sama. Dengan kebijakan EWP, diharapkan mampu membangun keterikatan semua pihak dalam perusahaan sehingga saling memberikan nilai tambah satu dengan yang lainnya,” ujar Erick dalam siaran pers di Jakarta (19/01/2024).

Erick meyakini, implementasi program EWP yang berkualitas akan mendukung terwujudnya hubungan industrial yang semakin sehat serta lingkungan kerja yang harmonis dan kolaboratif. Hal ini akan berdampak positif terhadap pertumbuhan kinerja BUMN dan kesejahteraan insan BUMN, baik pada aspek fisik, finansial, mental, juga sosial.

“Salah satu isu yang penting yang masuk dalam implementasi EWP adalah layanan kesehatan mental bagi seluruh insan di BUMN. EWP merupakan program kesejahteraan insan BUMN secara menyeluruh yang meliputi aspek fisik, mental, sosial, dan finansial,” katanya.

Menteri BUMN menekankan, pentingnya ketersediaan fasilitas dalam mendukung kinerja insan perempuan grup BUMN dan penyandang disabilitas seperti fasilitas nursery room, daycare, ramp, guiding block, dan toilet disabilitas serta, monitoring dan evaluasi atas implementasi EWP. Erick optimistis implementasi program EWP akan lebih efektif dan efisien sehingga mampu mendorong perbaikan bagi BUMN.

“Direksi BUMN diminta untuk menyiapkan program strategis maupun taktis dalam penyusunan dan penerapan EWP di lingkungan BUMN yang mencakup pembentukan pola pikir (mindset) dan kesadaran (awareness) tentang EWP. Juga menerapkan kebijakan yang mendukung program EWP, mulai dari pengaturan peran dan tanggung jawab, tindakan promotif, preventif, dan kuratif serta lainnya,” ujarnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved