Trends

Maskapai Juneyao Beroperasi Perdana Di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Juneyao Airlines Melakukan Penerbangan Perdana dengan rute Pudong-Bali pada 20 Januari 2024. (Foto: Istimewa)

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali menambah frekuensi rute dan maskapai maskapai yang beroperasi. Terbaru, peningkatan konektivitas rute internasional ditandai dengan dibukanya penerbangan langsung dari dan menuju Pudong International Airport, Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok oleh maskapai Juneyao Airlines yang terbang perdana pada hari Sabtu (20/1). Penerbangan rute langsung Pudong (PVG) – Denpasar (DPS) tersebut merupakan tambahan frekuensi rute internasional perdana di tahun 2024.

“Koordinasi dengan Juneyao Airlines sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2023 lalu dan berkat dukungan dan sinergi seluruh stakeholder di lingkungan bandara, inaugural flight Juneyao Airlines dapat terlaksana dengan lancar pada hari ini,” ucap General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhiatiawan.

Handy menjelaskan saat ini jumlah kedatangan penumpang WNA asal China telah mengalami peningkatan setelah sebelumnya pada tahun 2020 hingga 2021 terpengaruh dampak pandemi Covid-19. Peningkatan tersebut sejalan dengan proyeksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Indonesia akan pulih di atas tahun 2025.

“Kami mencatat pada tahun 2023 wisman berkebangsaan China yang datang ke Pulau Bali menduduki peringkat ketiga terbanyak yakni 265.805 orang wisman atau kurang lebih berkontribusi 5 persen dari total jumlah wisman yang datang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sepanjang tahun 2023 yang tercatat 5.317.287 orang wisman. Kami berharap tambahan frekuensi dan maskapai baru ini akan semakin meramaikan kunjungan wisman di Bali dan jumlah kedatangan WNA asal China diharapkan dapat segera kembali seperti di tahun 2018 yang mencapai 1.380.687 orang,” lanjut Handy.

Juneyao Airlines dengan nomor penerbangan HO 1355 rute Pudong (PVG) – Denpasar (DPS) beroperasi menggunakan pesawat tipe Airbus A320 mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Sabtu (20/1) pukul 15.35 WITA, disambut water salute, membawa 153 penumpang. Kemudian, pesawat tersebut kembali terbang dengan nomor penerbangan HO 1356 pada pukul 17.20 WITA mengangkut 119 penumpang. Penerbangan Juneyao Airlines dengan rute dari dan menuju Pudong dijadwalkan terbang setiap hari. Seremoni penyambutan penumpang dihadiri oleh jajaran Kemenparekraf, Pemerintah Provinsi Bali dan Angkasa Pura I.

“Kami meyakini bahwa potensi trafik pesawat dan penumpang rute Tiongkok kedepannya masih terbuka cukup tinggi dan masih memiliki banyak peluang baru yang perlu digali bersama. Sinergi dan koordinasi semua pihak perlu terus dijalin untuk kemajuan bersama dalam menangkap semua peluang yang ada,“ ungkap Handy.

Saat ini Bandara International I Gusti Ngurah Rai – Bali telah melayani sebanyak 21 rute domestik yang dilayani 11 maskapai. Sedangkan untuk rute internasional, dengan tambahan Juneyao Airlines maka saat ini terdapat 38 maskapai yang melayani rute internasional dengan 36 rute yang ada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sementara itu, untuk rute menuju Tiongkok di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelumnya telah dilayani oleh tiga maskapai yakni Xiamen Airlines, China Southern Airlines, dan China Eastern Airlines dengan rute dari dan menuju Guangzhou, Fuzhou, Xiamen, dan Shanghai.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved