CSR Corner

Langkah Grup Mind ID Atasi Stunting Lewat Edukasi ke Milenial

BUMN Holding Industri Pertambangan Mind ID berperan aktif dalam penanganan stunting melalui pemberian edukasi kepada generasi milenial. Hal ini dilakukan melalui salah satu anggotanya, PT Timah Tbk, yang bergerak cepat membantu mengatasi masalah stunting di wilayah operasional perusahaan tersebut.

“PT Timah Tbk berkomitmen meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di lingkar tambang. Hal ini selaras dengan program pemerintah untuk mengentaskan stunting menuju Indonesia Emas 2045 mendatang,” kata Sekretaris Perusahaan Mind ID Heri Yusuf dalam keterangan resmi.

Sepanjang 2023, Timah telah melakukan berbagai upaya konkret dalam penanganan stunting melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan secara holistik. Emiten pertambangan ini memberikan edukasi tentang stunting yang menyasar kelompok milenial, perempuan, dan kader kesehatan, yang diharapkan dapat menjadi agen perubahan.

Tak hanya PT Timah Tbk, berbagai langkah pencegahan stunting juga dilakukan oleh anggota Grup Mind ID lainnya. Sebut saja PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang berkomitmen mendukung percepatan penurunan stunting di area pertambangan UBP Bauksit, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat melalui program Generasi Sehat Bebas Stunting (GEN SEHAT). Program ini pertujuan untuk memperbaiki kualitas gizi masyarakat dan pencegahan stunting. Antam juga membentuk Rumah Peduli Remaja Putri (RUPE-RUPE).

Antam telah menemukan beberapa faktor penyebab stunting di wilayah ini, antara lain kurangnya gizi untuk ibu hamil dan anak baru lahir, pola asuh terkait gizi yang buruk, standar pelayanan kesehatan yang kurang memadai, dan masih banyak lagi. Pada 2022, tercatat prevalensi stunting di Kabupaten Sanggau mencapai 32,5 persen, sehingga masalah stunting menjadi salah satu fokus program TJSL Antam.

Sementara itu anggota Grup Mind ID PT Freeport Indonesia (PTFI) menggandeng Komunitas Instro Karyawan Freeport untuk mendukung pengentasan stunting. PTFI menggelar kegiatan edukasi masyarakat bertajuk Peduli Stunting melalui Edukasi Pengolahan MPASI dengan Bahan Pangan Lokal di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, pada Oktober 2023.

Adapun anggota Grup Mind ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA) ikut mengentaskan stunting melalui program Rumpun Pangan Dengan Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan (Ruang Rural). Bekerja sama dengan lembaga ekonomi petani PT Pengayom Tani Sejagad, PT Bukit Asam Tbk sukses meningkatkan akses masyarakat, terutama masyarakat miskin, terhadap pangan bergizi.

Kerja sama ini menghasilkan beras merah organik yang ditanam di Desa Rejosari Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Lampung Tengah. Melalui program ini, PT Bukit Asam Tbk juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi, terutama untuk ibu hamil dan balita.

Tak jauh berbeda, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) juga melakukan sejumlah program berkelanjutan penanggulangan stunting di sekitar wilayah operasional untuk mendukung Indonesia Bebas Stunting 2030. PT Inalum memiliki program perbaikan gizi balita stunting, program bapak asuh, dan program preventif pencegahan stunting untuk ibu hamil.

Adapun dalam program Bapak Asuh Stunting, PT Inalum berperan menjadi bapak asuh untuk 30 balita stunting di sekitar perusahaan dengan melakukan perbaikan gizi dan pemantauan aktif. Selanjutnya, program Preventif Pencegahan Stunting untuk Ibu Hamil dilakukan dengan cara memberikan beberapa pencegahan stunting, seperti edukasi nutrisi, pemberian suplemen, senam ibu hamil, dan pengukuran kesehatan secara berkala.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved