Management Trends

Berbagai Inisiatif ISCA dan Mitra Bisnis bagi Akuntan di Indonesia dan Singapura

The Institute of Singapore Chartered Accountants (ISCA) menandatangani tiga nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan tiga mitra kunci di Indonesia, yang akan memperkuat kerja sama internasional dan menumbuhkan peluang baru bagi profesi akuntansi di kedua negara.

Dengan 26,7 juta perusahaan Indonesia, 650 firma akuntansi publik, dan 686 firma jasa akuntansi dengan lebih dari 40.000 anggota yang terdaftar di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) serta Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), terbuka luas peluang bagi para akuntan yang kompeten dan berkualitfikasi, serta bagi mereka yang ingin membangun karir di bidang akuntansi. Hubungan kerja yang lebih erat antara ISCA dan asosiasi profesi akuntansi di Indonesia akan semakin mendukung pertumbuhan profesi dan bisnis di kawasan ini.

Inisiatif ISCS dan IAPI ini bertujuan untuk meningkatkan mobilitas profesional dan memajukan karier para akuntan profesional yang bekerja di berbagai industri di Indonesia dan Singapura. Kedua lembaga ini akan berkolaborasi dalam program dan inisiatif sosialisasi bersama untuk mengembangkan generasi akuntan di masa datang serta meningkatkan daya tarik karir akuntansi dan keuangan di pasar Indonesia.

ISCA dan IAPI telah mengembangkan kemitraan untuk menjajaki alur keanggotaan, memfasilitasi aktivitas berbagi pengetahuan dan sumber daya, serta mengembangkan dan menyesuaikan program pelatihan untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dan Singapura yang terus berkembang. Kedua institusi ini akan bekerja sama untuk saling memperkuat dukungan dan mendorong pertumbuhan praktik kecil dan menengah (PKM) di Indonesia dan Singapura.

Dengan hadirnya nota kesepahaman ini, ISCA akan berbagi sumber daya yang tersedia untuk PKM dengan IAPI secara cuma-cuma. Sumber daya ini, jika diadopsi, akan mendorong peningkatan kualitas audit serta kompetensi teknis PKM di Indonesia. ISCA dan IAPI akan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan pelatihan, Menyusun konten yang sesuai dengan kebutuhan unik masing-masing pasar, serta merencanakan perjalanan pengembangan bisnis ke Singapura dan Indonesia bagi PKM yang berpartisipasi untuk menjajaki peluang bisnis.

Untuk menjembatani kesenjangan keterampilan dan membekali akuntan Indonesia dengan keahlian yang diperlukan, ISCA telah menunjuk LSAF sebagai pusat pembelajaran resmi di Indonesia. Kolaborasi ini akan meningkatkan kapasitas para profesional akuntansi di Indonesia sehingga mereka dapat mengakses beragam pelatihan dan peningkatan keterampilan berkualitas tinggi yang selaras dengan standar internasional.

Teo Ser Luck, Presiden ISCA mengatakan, MoU ini menandai tonggak penting dalam komitmen ISCA untuk mendorong pengembangan profesi akuntansi di seluruh kawasan. “Dengan adanya kolaborasi dengan IAI, IAPI, dan LSAF, kami menciptakan kerangka kerja yang kokoh untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan, pengembangan profesional, serta kemajuan karier bagi akuntan di Singapura dan Indonesia. Upaya bersama ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi para profesional individu, tetapi juga akan memperkuat ekosistem akuntansi dan bisnis yang lebih luas di kedua negara,” jelasnya dalam keterangan resmi (24/01/2024)/

Dr. Ardan Adiperdana, Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI menambahkan, pihaknya menyadari besarnya dampak kerja sama ini terhadap perkembangan profesi akuntan di Indonesia dan Singapura. “MoU ini menunjukkan komitmen kami untuk membina lingkungan belajar dan jejaring yang akan mempersiapkan akuntan dalam menghadapi tantangan masa depan di kawasan ini. IAI berkomitmen untuk memberikan peluang kepada anggota kami untuk meningkatkan mobilitas profesional dan kemajuan karier melalui kolaborasi kami dengan ISCA,” ucapnya.

Hendang Tanusdjaja, Ketua Umum IAPI mengaku, IAPI mendukung percepatan pendidikan akuntansi dan keuangan, serta mendorong hadirnya standar profesional internasional bagi akuntan publik. Hal ini, pada gilirannya, memungkinkan untuk meningkatkan pengakuan publik terhadap peran anggota IAPI dalam pengembangan ekonomi di Tanah Air. Akuntan publik memainkan peran penting dalam mendukung ekosistem bisnis. Oleh karena itu, penting untuk membina dan memperkuat profesi kami guna menjamin kesuksesan berkelanjutan dalam sektor keuangan secara keseluruhan.

Manish Gidwani, CEO dan Pendiri LSAF menuturkan, pembentukan pusat pembelajaran ISCA di Indonesia menandakan bahwa mahasiswa LSAF sekarang memiliki kesempatan yang sama dengan mahasiswa di Singapura untuk menjadi bagian dari organisasi kelas dunia dan memulai perjalanan mereka untuk menjadi Singapore chartered accountant di Indonesia.

Kerja sama strategis ini menegaskan dedikasi ISCA untuk membangun kemitraan internasional, menciptakan peluang pengembangan profesional, dan berkontribusi pada kemajuan global profesi terkait akuntansi.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved