ICSX

Urban Republic, Terapkan Immersive Customer Experience

Frisma Sari, Head of Marketing Erajaya Active Lifestyle
Frisma Sari, Head of Marketing Erajaya Active Lifestyle.

Demi mempermudah pelanggan mendapatkan produk gadget yang memenuhi gaya hidup, Urban Republic terus berupaya meningkatkan kemudahan aksesibilitas terhadap produknya. Urban Republic, multi-brand retail store di bawah naungan Erajaya Active Lifestyle (bagian dari Erajaya Group), menawarkan koleksi produk Internet of things (IoT) dan ekosistemnya ‒di antaranya, produk wearables, smarthome, audio, gaming, serta drone‒ dengan pendekatan immersive retail experience.

Frisma Sari, Head of Marketing Erajaya Active Lifestyle, menyebutkan bahwa penerapan customer experience (CX) punya peran penting di industri gadget. Pasalnya, pelanggan perlu mengetahui fitur-fitur unggulan yang ditawarkan suatu gadget untuk bisa menunjang produktivitas dalam kehidupan sehari-sehari.

Urban Republic terus meningkatkan strategi CX-nya dengan memberikan gadget workshop. Ini dilakukan di toko-toko, kegiatan komunitas, gadget festival, dan sebagainya.

Frisma menjelaskan, sebagai toko ritel, isu yang sering dihadapi ialah customer–journey gap. Maksudnya, masih banyak konsumen yang belum menyadari bahwa gadget benar-benar dapat membantu, baik dalam pekerjaan maupun hobi mereka.

“Kehadiran Urban Republic memungkinkan pelanggan mencoba langsung produk lifestyle gadget yang ditawarkan untuk menunjang gaya hidup aktif dan produktif,” katanya.

Menurut Frisma, setiap pelanggan memiliki kebutuhan gadget lifestyle yang berbeda-beda, mulai dari model, fitur, penggunaan, sampai alokasi anggaran. “Pendekatan utama yang dilakukan Urban Republic adalah dengan berfokus pada kebiasaan gaya hidup pelanggan, dan menyediakan gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” katanya.

Dalam implementasi konsep CX, Urban Republic memastikan pelanggan merasakan langsung gadget yang ditawarkan, yang dapat dipegang dan dicoba secara langsung, dengan dipandu oleh staf yang telah mendapatkan training mendalam. Adapun untuk menggaet pelanggan baru, Urban Republic secara konsisten memanfaatkan Urban Republic Community Team dan komunitas hobi, serta menggandeng key opinion leader.

Hingga saat ini Urban Republic terus berekspansi dan sudah memiliki 43 gerai secara nasional. Adapun target pasarnya ialah masyarakat urban di kota-kota besar dengan rentang usia 21-65 tahun.

Urban Republic menawarkan layanan O2O, online to offline. Antara lain, Home Delivery Service (produk langsung diantar ke rumah) dan Click n Pickup (pelanggan mengambil langsung produknya di salah satu gerai Urban Republic yang sudah ditentukan).

Hingga saat ini, Urban Republic telah mengadakan 114 community event ‒komunitas musik, olahraga, drone, e-sport, travel, cooking, dsb.‒ dengan menggelar workshop yang berperan sebagai learning center. “Jadi, kami tidak sekadar hard selling dalam acara komunitas, melainkan memastikan ada product experience, sehingga calon pelanggan bisa play around dengan lifestyle gadget kami,” kata Frisma.

Ia meyakini, kegiatan bersama komunitas tersebutlah yang membuat Urban Republic memperoleh kepercayaan dari konsumen dan meningkatkan wordofmouth. (*)

Jeihan K. Barlian

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved