Marketing Trends

Deferensiasi Sayuran Planto Terletak pada Tingkat Ketelusuran Produk

Dalam upaya mendukung gaya hidup sehat dan memberdayakan petani lokal, Sayurbox memperkenalkan produk baru bernama Planto, yaitu sayuran berkualitas premium yang tidak hanya menawarkan kualitas terbaik dari petani lokal, tetapi juga menghadirkan inovasi dalam meningkatkan transparansi produksi makanan bagi konsumen.

Planto merupakan hasil kolaborasi antara Sayurbox dan Centrigo Farming Ecosystem (Syngenta) untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada petani dan konsumen Indonesia dengan pendekatan yang menyeluruh.

Untuk memperkenalkan Planto, Sayurbox melakukan kampanye ‘Farm to Table: Ketahui Perjalanannya’. Adapun keunggulan Planto, diklaim Amanda Susanti, CEO & Co-founder Sayurbox, terletak pada tingkat ketertelusurannya. Kini, pelanggan dapat secara jelas mengetahui asal usul dan cerita dari sayuran yang mereka beli. Dengan memindai kode QR yang terdapat pada kemasan, pelanggan dapat mengakses informasi lengkap mengenai proses penanaman, metode pertanian yang digunakan oleh petani lokal yang berkolaborasi dengan Centrigo dan Sayurbox serta manfaat nutrisi hingga saran resep.

Amanda mengajak para pelanggan untuk lebih terlibat dalam gerakan ini. “Kami mengimbau para pelanggan untuk lebih mengenal para petani di balik sayuran yang mereka konsumsi sambil menikmati rasa yang lezat dan segar sesuai dengan komitmen kami,” jelasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta (25/01/2024).

Dengan adanya informasi mengenai kandungan gizi yang terdapat pada setiap sayuran, konsumen akan lebih percaya diri dalam menentukan pilihan dan membantu menciptakan pilihan menu yang sehat bagi keluarga, termasuk nilai gizi dan resep yang disarankan.

Misi utama kehadiran Planto adalah mempromosikan gaya hidup sehat dengan menyediakan sayuran segar berkualitas tinggi, sekaligus memberdayakan petani lokal di seluruh Indonesia. Kemitraan ini bertujuan menciptakan perubahan positif dalam kehidupan masyarakat dan memberikan manfaat nyata bagi para produsen lokal.

Andre Oliveira, Pendiri & Kepala Centrigo mengatakan, “Kami percaya kolaborasi ini akan membawa dampak positif dalam mendukung ketahanan pangan, meningkatkan kesejahteraan petani, dan menyediakan pilihan makanan sehat bagi konsumen. Kami antusias dengan diperkenalkannya Planto ke pasar Indonesia. Produk ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi erat dengan para petani lokal yang peduli akan kualitas dan keberlanjutan.”

Kazim Hasnain, Presiden Direktur Syngenta Indonesia, menambahkan, makin hari, konsumen semakin ingin mengetahui asal makanan mereka. Kolaborasi Syngenta dan Sayurbox melalui Ekosistem Pertanian Centrigo memungkinkan petani menjual hasil panen segar mereka langsung ke konsumen, dan sekarang konsumen dapat melacak asal sayuran hingga ke perkebunan melalui Planto.

Perjalanan produk Planto dimulai dari pemilihan bibit unggul, kemudian petani menerapkan praktik pertanian yang benar untuk memastikan setiap sayuran ditanam dengan penuh dedikasi guna menghasilkan panen berkualitas. “Dedikasi dan ketelitian ini menghasilkan sayuran berkualitas premium dengan warna yang lebih menarik dan rasa yang lebih segar,” ujar Amanda.

Komitmen Sayurbox dan Centrigo tidak hanya berhenti di ladang, tetapi terus berlanjut hingga setelah panen. Setiap sayuran memiliki cerita uniknya masing-masing, membentuk sebuah orkestra pengalaman kuliner di mana setiap gigitannya adalah perayaan rasa segar.

Jenis-jenis sayuran yang akan dijual dalam produk Planto antara lain: Baby Vegetables (Baby Cos Lettuce, Baby Chickpeas, Baby Cabbage, Baby Bok Choy), Aneka Tanaman Herbal (Oregano, Basil, Thyme, Daun Ketumbar, Rosemary), dan beberapa jenis sayuran potong seperti Paprika, Kubis Ungu, dan Kembang Kol Potong

“Untuk pemasaran aneka produk sayuran Planto mulai 25 Januari 2024 di platform aplikasi Sayurbox dan akan didistribusikan juga di Lotte Supermarket, Gandaria City, yang telah bekerja sama dengan Sayurbox mulai Februari 2024,” kata Amanda.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved