Marketing Trends

Pacu Pertumbuhan UMKM Bekasi Melalui Factory Outlets Cikarang Trade Center

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga meresmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi di Aula Gedung President University Convention Center – Cikarang, Kota Jababeka.

Didukung oleh PT Jababeka Tbk, Factory Outlets Cikarang Trade Center merupakan pusat kegiatan perdagangan yang mengundang 2.000 tenant industri dari 34 negara di Kawasan Industri Jababeka hingga pelaku usaha UMKM se-Kabupaten Bekasi, termasuk juga pelaku usaha binaan dari Dinas Perindustrian Pemkab Bekasi yang sudah berorientasi ekspor. Acara ini dibuka pada 26 Januari 2024 pada pukul 10.00 dan diikuti oleh 50 exhibitor yang menghadirkan jasa maupun produk unggulan dengan harga pabrik, seperti produk otomotif, minuman dan makanan, produk makanan yang dibekukan, agrobisnis, fashion dan kerajinan.

Tujuan kehadiran Factory Outlets Cikarang Trade Center untuk memberikan peluang bagi para pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan, memperluas jaringan bisnis dan membuat masyarakat lebih mengenal produk atau jasa dari perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Bekasi. Selain pameran, acara ini juga dilengkapi dengan seminar bulan 3K nasional, rangkaian talkshow, lomba mewarnai dan panggung hiburan dengan guest star band Govinda.

Dalam sambutannya, Wamendag Jerry menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bekasi atas inisiasinya menghadirkan Factory Outlets Cikarang Trade Center bagi masyarakat Kabupaten Bekasi. “Saya yakin, kegiatan ini bisa membuat masyarakat lebih mengenal produk dan jasa unggulan yang di Kabupaten Bekasi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ucapnya (26/01/2024).

Jerry juga menekankan pentingnya Pemkab Bekasi mendukung pelaku usaha UMKM sebagai kunci ekonomi dalam sebuah kota, kabupaten dan negara. Seperti diketahui kontribusi UMKM terhadap PDB nasional lebih dari 60 persen.

Lebih lanjut, Jerry menyampaikan arahan untuk terus memperkuat kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan UMKM dan pihak swasta, sehingga hadir terobosan baru maupun memperkuat program kerja sama yang sudah ada, termasuk Factory Outlets Cikarang Trade Center diharapkan menjadi event tahunan. Jerry menyampaikan bahwa pihaknya siap memberikan bantuan jika memang butuhkan, seperti pelatihan dan pendampingan hingga pelaku usaha di Kabupaten Bekasi bisa ekspor.

Dalam event tersebut, Jerry berkesempatan keliling melihat booth-booth di Factory Outlets Cikarang Trade Center, antara lain booth motor-mobil Listrik Wuling Motors, Hyundai dan Alva, velg dan aksesoris mobil dari Chemco Harapan Nusantara, aneka minuman makanan dari Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia es krim Diamond Ice Cream dan Aice, makanan beku Kimbo, olahan keju MEG Cheese, baju dari Dara Fashion dan Valentine Batik serta Sari Roti. Terlihat animo masyarakat sangat tinggi di mana ribuan pengunjung memenuhi tiap booth untuk melihat maupun membeli produk.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengaku optimistis akan manfaat dari Factory Outlets Cikarang Trade Center. Menurutnya, pameran ini efektif dalam mengenalkan produk dari pelaku usaha binaan UMKM dari dinas-dinas Pemkab Bekasi dan perusahaan di Kawasan Industri Jababeka kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Bekasi. Sehingga mengetahui produk apa saja produk atau jasa dihasilkan di Kabupaten Bekasi.

“Kenapa (Factory Outlets Cikarang Trade Center) perlu dilaksanakan, menurut pakar negara maju itu dilihat dari bagaimana masyarakatnya berproduksi. Industri di Kabupaten Bekasi telah menjadi pusat industri nasional. Selain itu pertaniannya juga ada, jadi sudah kuat fondasinya. Tapi , kami ingin Kabupaten Bekasi tidak hanya kuat di industrinya, tapi juga perdagangan. Dan kami belum punya pusat perdaganan. Inilah embrio untuk jadi pusat perdagangan. Kita akan terus kembangkan, di mana rencananya akan digelar satu tahun sekali,” jelas Dani.

Tak lupa, Dani mengapresiasi kepada berbagai pihak, yaitu PT Jababeka Tbk, President University, APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia), Wanita Bekasi Keren, yang terlibat aktif menyukseskan event ini. Dia berharap pihaknya bisa terus bekerja sama untuk menghadirkan Factory Outlets Cikarang Trade Center lebih meriah di tahun mendatang, yaitu mengajak pelaku usaha dan vendor yang lebih besar. Sehingga dampaknya lebih siginifikan ke masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh pendiri dan Chairman PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono. Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai sarana yang tepat untuk mengenalkan dan mempromosikan barang, termasuk pabrik-pabrik di Kawasan Industri Jababeka. Karena – dengan booth yang didapatkan secara gratis dan rangkaian acara yang telah dibuat menarik, pameran ini bisa mempertemukan pembeli dan konsumen yang bisa meningkatkan ekonomi Kabupaten Bekasi.

“Saya pikir ini langkah maju bagaimana semua pihak bersatu di satu acara menampilkan pelaku usaha di Kabupaten Bekasi dan bisa mengenalkan produk unggulan mereka ke masyarakat. Karenanya, kami mendukung Factory Outlets Cikarang Trade Center, dan siap berpartisipasi di tahun depan,” ujar Setyono .

Lebih lanjut, Setyono menyampaikan Jababeka bersama unit usaha ikut berpartisipasi dengan menyiapkan promo khusus, yaitu Jababeka Residence, Jababeka Industrial Estate, KEK Tanjung Lesung, dan KEK Morotai. Contohnya, Jababeka Residence yang memberikan hadiah logam mulia sampai dengan 100 gram tanpa diundi bagi konsumen yang memberi ruko.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved