Business Research Trends

MEN/O/LOGY Index 2024 Potret Kebiasaan Pria dalam Merawat Diri

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada 2024 ini menjadi lebih spesial lantaran untuk pertama kalinya Zap meluncurkan MEN/O/LOGY Index 2024, survei yang merangkum persepsi pria Indonesia mengenai penampilan, maskulinitas dan perawatan diri.

Survei ini menghadirkan data mengenai persepsi, kebiasaan, dan preferensi pria Indonesia dalam merawat diri. Masih bekerja sama dengan MarkPlus, MEN/O/LOGY Index 2024 melibatkan 1.500 responden pria berusia 15-55 tahun di seluruh Indonesia.

Temuan MEN/O/LOGY mengungkapkan bahwa banyak pria Indonesia telah rutin menggunakan skincare untuk merawat kulit wajah mereka. Salah satu yang cukup mengejutkan, rupanya pria telah mengenal cleansing balm sebagai alternatif pembersih wajah.

Sebanyak 6,9% pria Indonesia telah menggunakan cleansing balm sebagai salah satu produk skincare yang mereka gunakan selain serum (26,4%) dan masker (25,7%). Bahkan, sebanyak 56,6% pria Indonesia sudah mulai merasa paham dengan kandungan skincare, dan 4,1% di antaranya sudah sangat paham.

Selain itu, 22,4% pria merasa tidak percaya diri dengan rambut mereka. Sebab, 34,7% pria mengalami kerontokan rambut. Masalah lainnya berupa rambut berketombe (34,4%) dan rambut kering (30,1%). Padahal, hampir seluruh atau 96,7% pria menganggap bahwa rambut memberikan pengaruh signifikan terhadap penampilan. Untuk merawat rambut, pria Indonesia juga suka menggunakan conditioner (34,3%) dan hair tonic (33,2%) sebagai pelengkap shampo.

“Hasil survei membuktikan bahwa pria Indonesia memiliki kepedulian yang besar pada penampilan fisik mereka, terutama kulit dan rambut. Banyak di antara mereka yang telah melakukan perawatan di klinik. Hampir 50% pria Indonesia pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan,” ungkap Yosanova Savitry, COO MarkPlus Institute dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/01/2024).

Pria Gen X atau yang lahir tahun 1965-1980 lebih banyak mengunjungi klinik kecantikan (72%) dibandingkan pria Gen Z (63,6%). Pria Gen X juga yang paling banyak melakukan pembelian produk di klinik kecantikan.

Endi Novianto, Dermatologis & Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP mengaku, saat ini permasalahan rambut pria makin banyak. “Bahkan yang datang ke klinik kita usianya makin muda-muda, usia 20-an sudah mengalami masalah rambut tipis,” katanya. Masalah kerontokan yang berujung pada kebotakan ini disebut bisa terjadi karena multifaktor, mulai dari aspek kesehatan, genetik, usia, dan gaya hidup.

Tak seperti wanita yang cenderung fokus pada kulit wajah untuk mendefinisikan cantiknya, pria merasa lebih tampan jika berpenampilan baik atau well dressed dan bertubuh sehat serta bugar. Namun, bukan berarti memiliki wajah yang bersih dan mulus tak menjadi dambaan para pria Indonesia. Nyatanya, 19,1% pria merasa tampan jika memiliki wajah yang bersih dan mulus tanpa bekas jerawat dan flek.

Pria juga memiliki kekhawatiran tersendiri atas penampilannya. Hampir separuh dari pria di Indonesia merasa tidak percaya diri atau insecure dengan kulit wajah mereka saat ini. Sebanyak 42% pria merasa memiliki kulit yang kusam, sedangkan 37% merasa memiliki pori-pori wajah yang besar. Namun, berbeda dengan wanita, mayoritas pria Indonesia merasa belum mengalami tanda-tanda penuaan.

Dalam mengalokasikan budget, mayoritas pria Indonesia lebih royal dalam membelanjakan uangnya untuk orang lain dibandingkan untuk dirinya sendiri. Selain itu, alokasi kedua digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan selebihnya investasi.

CEO dan Pendiri ZAP Group Fadly Sahab mengatakan, MEN/O/LOGY Index menunjukkan upaya Zap dalam mendengarkan concern pria Indonesia untuk memahami hal-hal yang mereka sukai, sehingga dapat terus bertumbuh bersama mereka.

Ia berharap temuan-temuan MEN/O/LOGY Index dapat membuka diskusi tentang perawatan diri yang rupanya telah menjadi bagian yang integral dalam keseharian pria Indonesia. “Kami harap MENOLOGY Index dapat terus menjadi rujukan yang bermanfaat bagi berbagai stakeholders di industri kecantikan dan gaya hidup,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved