Management Trends

Pengguna Capai 170 Juta, Dana Sambut 2024 dengan Optimistis

Dialog Dana 2024 di Jakarta. (Foto Ubaidillah/SWA)

Fokus pertumbuhan PT Espay Debit Indonesia Koe (Dana) sepanjang tahun 2023 ingin menjadi dompet digital kepercayaan pengguna melalui inovasi yang berfokus pada kemudahan layanan dan keamanan transaksi. Pada 2023, Dana mencatat jumlah penggunanya mencapai 170 juta atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya.

Peningkatan digitalisasi UMKM di Indonesia juga menjadi perhatian DANA dalam rangka memberdayakan UMKM untuk go digital. Tahun 2023 juga menjadi momentum bagi Dana untuk turut menyukseskan interkonektivitas sistem pembayaran antarnegara.

Adri Awwal, VP Product of Dana Indonesia mengatakan, pertumbuhan positif tersebut menunjukkan tingkat adopsi yang tinggi terhadap jasa pembayaran dan layanan keuangan digital oleh masyarakat, serta kepercayaan pengguna terhadap dompet digital Dana. Perusahaan juga mencatatkan pertumbuhan transaksi QRIS dan fitur kirim uang.

“Kami mencatatkan pertumbuhan transaksi QRIS dari tahun 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272%. Sedangkan, fitur kirim uang juga mengalami pertumbuhan sebesar 147% pada tahun 2023. Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang kami hadirkan, tapi juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang ditawarkan,” katanya, Selasa (30/01/2024).

Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance Dana Indonesia menjelaskan bahwa pihaknya selalu berfokus pada pengalaman pengguna dalam menghasilkan inovasi dan layanan produk. Dalam setiap pengembangan layanan keuangan digital, perusahaan selalu memulainya dengan mengobservasi kebutuhan pengguna saat ini.

“Oleh karena itu, Dana memiliki dua layanan finansial spesifik untuk asuransi dan investasi. Dana Siaga untuk asuransi, Dana eMAS dan Dana Goals untuk investasi terus kami kembangkan demi memberikan produk asuransi dan investasi yang aman dan mudah dimiliki pengguna. Hasilnya, pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital seperti Dana Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat,” ucapnya.

Selama 2023, Dana juga sukses menjalani berbagai program yang berfokus mendorong inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai komunitas di seluruh kalangan, seperti anak muda, perempuan, hingga penyandang disabilitas. Salah satunya adalah program SisBerdaya yang melibatkan lebih dari 2.400 wirausaha perempuan dari berbagai daerah di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved