Strategy

Intip Arah dan Strategi Bisnis TipTip Tahun Ini

CEO TipTip Albert Lucius. (foto Ubaidillah/SWA)

Ekonomi kreatif menjadi salah satu sumber pendapatan bagi negara juga anak-anak muda di Indonesia saat ini. Para pembuat konten-konten kreatif semakin bertambah dan peluang ekonominya semakin besar karena pangsa pasar di Indonesia menjadi salah satu yang terbesar.

Mengenai industri kreatif, khususnya di konten-konten kreatif, Presiden Komisaris TipTip Triawan Munaf menyoroti pentingnya tren monetisasi di masa depan. Mantan Kepala Bekraf (sekarang Kemenparekraf) menjelaskan bahwa hal ini bukan hanya mengenai aspek finansial, tetapi juga tentang memberdayakan generasi muda untuk menjadikan kreativitas sebagai sumber produktivitas yang berkelanjutan.

“Generasi Z dan milenial juga menjadi fokus, sebagai kekuatan utama di balik kemajuan industri kreatif di Indonesia. Mereka tidak hanya sebagai konsumen, tetapi juga sebagai pencipta konten dan pelaku kreatif yang mendorong revolusi produktivitas. Kita sedang menyaksikan masa keemasan produktivitas di Indonesia, dengan generasi muda memegang peranan utama dalam menciptakan keberlanjutan ekonomi kreatif,” ujar Triawan dalam Media Gathering TipTip (30/01/2024).

CEO TipTip Albert Lucius memberikan penjelasan tentang visi perusahaan untuk tahun 2024. Menurutnya, TipTip berkomitmen untuk terus berinovasi dalam monetisasi kreatif bagi komunitas dan kreator. Saat ini TipTip digunakan oleh lebih dari 25.000 kreator dan komunitas, dengan jangkauan di 200 kota termasuk tier 2 dan tier 3 di Indonesia. “Tidak hanya itu, kami menargetkan capaian hingga 300 kota pada akhir 2024,” ucap Albert optimistis.

TipTip sebagai platform tahun ini juga memiliki tujuan untuk membangun koneksi antara komunitas dan brand, serta membuka peluang bagi para sponsor untuk mendukung pertumbuhan dan inovasi di dalam komunitas. Dengan banyaknya komunitas yang tergabung, TipTip memberikan layanan kepada brand untuk melakukan kegiatan marketing sesuai dengan target perusahaan, melalui strategi aktivasi dengan komunitas.

“Per akhir tahun 2023, TipTip telah menjalin kemitraan dengan 15 brand di Indonesia yang melakukan kegiatan langsung. Kami menargetkan kemitraan dengan 75 brand pada akhir tahun 2024. TipTip memandang masa depan dengan visi, tidak hanya sebagai pencipta peluang finansial bagi komunitas dan kreator konten, tetapi juga sebagai satu ekosistem yang menghubungkan komunitas dengan brand,” ujar Albert.

Albert menegaskan, dengan inovasi terus-menerus dan kolaborasi yang erat dengan komunitas, TipTip dapat menjadi pemimpin dalam memajukan ekosistem kreatif di Indonesia. Dia mengaku perusahaan berkomitmen untuk mendukung pencipta konten lokal dan komunitas di Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, agar dapat menghasilkan konten berkualitas melalui teknologi dan inovasi yang disediakan oleh TipTip.

TipTip adalah platform monetisasi terintegrasi bagi para kreator dan komunitas di Indonesia.TipTip menawarkan tempat bagi para kreator untuk memasarkan karyanya langsungkepada para follower, dalam bentuk konten digital, livestream, langganan, tiket daring, danfitur engagement lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved