Management Trends

People Analytics Berikan Solusi Menemukan Talenta di Masa Depan

Untuk mengubah data menjadi insight yang dapat membantu pembuat keputusan lebih informatif dan strategis, mereka menggunakan solusi people analytics atau human resource analytics. Pendekatan ini menggunakan data dan analisis statistik untuk memahami, memantau, dan memprediksi perilaku serta kinerja sumber daya manusia di suatu perusahaan.

“Dengan banyaknya data yang didapatkan, akan memudahkan pembuat kebijakan dan keputusan menjadi lebih tepat didalam suatu organisasi. Tidak mungkin rasanya, dengan kemajuan zaman saat ini, dengan kompleksitas yang ada di dalam human capital, kita tidak mendasarkan suatu proses kerja yang tidak berbasis pada teknologi. Terutama mengambil keputusan-keputusan tidak akan semudah itu jika hanya menggunakan data-data yang simple,” jelas Andy Purwandi, Direktur dari PT Galva Galindra Multi Cipta dalam keterangan resmi di Jakarta (02/02/2024)

Dengan people analytics, human resource dapat melakukan proses rekrutmen dengan sangat efektif, manajemen kinerja yang optimal, retensi karyawan, hingga menganalisis data untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi di tempat kerja.

Namun, tidak semua perusahaan bisa mencapai people analytics yang optimal. Perusahaan lebih sering melakukan tracking, tetapi lupa untuk melakukan analytics. Di era teknologi modern ini justru human resource didorong untuk tidak lagi hanya berhenti di tahap seperti matrix, benchmarking dan prediktif saja, tetapi juga sampai di tahap preskriptif.

“Human resources saat ini lebih sering melakukan tracking seperti benchmark, scorecard, hingga survey. Tetapi lupa untuk melakukan analytics, dari correlation, causation, hingga prediction,” ucap Aswin Januarsyaf, CEO dan Pendiri Talentlytica.

Untuk menjawab tantangan itu, Talentlytica bekerja sama dengan PMSM Indonesia menggelar acara Coffee C-Suite Chat dengan tema ‘2024 Human Resource Vision: Transformative People Analytics for Talent Predictions’.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan insight para pemimpin human resource terkait perkembangan dan teknologi saat ini, memberikan ruang bagi para pemimpin human resource untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman, hingga membangun jejaring antar pemimpin ini dari berbagai perusahaan.

Perusahaan-perusahaan saat ini tidak hanya berfokus pada model bisnis, namun juga pada model operasi dan teknologi yang memungkinkan hal tersebut dan dilakukan secara terus-menerus. Melalui studi kasus dan pemahaman peran dalam people analytics dalam memprediksi talenta di perusahaan, acara ini diharapkan dapat membantu para praktisi human sesource dalam mengatasi tantangan talent management di perusahaan mereka.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved