Capital Market & Investment Trends

WSBP Suplai Proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat

Peran PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) pada megaprojek IKN Nusantara diimplementasikan melalui komitmen suplai produk Readymix untuk berbagai projek yang berlokasi di Penajam Paser Utara tersebut. Salah satu projek yang saat ini tengah disuplai yaitu PJalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat dari pemilik Projek PTPP – Markinah KSO senilai Rp 11,3 miliar

Ini merupakan prjyek pembangunan jalan akses di KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) yang mengapit area Istana Negara dan Kantor Presiden. Selain itu, Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur IKN Nusantara merupakan salah satu area jalan di IKN Nusantara yang dipasang teknologi terowongan multi utilitas atau multi utility tunnel.

Pada projek jalan akses ini, WSBP menyuplai Readymix tipe Fc 10, Fc 15, Fc 20, Fc 22, Fc 25, Fc 30, dan Fc 35 sebesar 4.387 m3 yang dikirimkan dari Batching Plant Sepaku yang berjarak sekitar10-15 km dari lokasi. Dengan lokasi yang strategis ini, BP Sepaku mampu menyuplai produk Readymix dengan tepat waktu dan mutu produk yang terjaga. “Kami telah melakukan pengiriman sejak Februari 2023 dan ditargetkan selesai pada 2024,”ungkap Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary WSBP. Saat ini progress suplai sudah mencapai 44,4%.

Sebagaimana diketahui dengan total kapasitas produksi sebesar 78 m3/jam, BP Sepaku dapat menghasilkan volume produksi Readymix (Fc 10 s/d Fc 35, Fs 45, K 100-K350) sebesar 1.716 m3/hari. Adanya kemampuan produksi yang besar ini, WSBP menyuplai Readymix untuk berbagai proyek gedung pemerintahan, akses jalan, hingga transmisi air minum.

Fandy menambahkan, WSBP fokus dan berkomitmen untuk terus dan mempercepat suplai produk ke IKN. “Saat ini pembangunan IKN tahap I masih dilakukan di KIPP,”ujarnya. Penyelesaian area tersebut dinilai dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia melalui banyaknya investor yang nantinya berdampak pada tingkat kehidupan warga negaranya.

Dengan dukungan batching plant serta sumber daya yang memadai optimis seluruh pesanan untuk menyuplai proyek tersebut dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Nantinya, WSBP juga akan melihat peluang untuk membidik projek lainnya di IKN, seperti projek rusun, hotel, dan fasilitas umum lainnya. “Saat ini kami memiliki Quarry di Palu sehingga memudahkan dalam menyuplai material untuk produksi Readymix di batching plant,”ujarnya.

Tentunya dalam setiap proses produksi produk, WSBP selalu mengedepankan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta proses quality control yang baik, sehingga perusahaan memastikan bahwa produk yang disuplai ke proyek sesuai dengan standar.

Harapannya melalui projek ini, WSBP dapat terus berkontribusi untuk pembangunan di IKN Nusantara dengan seluruh produk yang berkualitas. Selain itu dalam prosesnya, WSBP selalu menjaga dan menerapkan manajemen risiko dan Tata Kelola Perusahaan yang baik guna mendapatkan projek-projek yang memang memiliki tingkat kesehatan keuangan yang baik.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved