Capital Market & Investment

CGS-CIMB Sekuritas di 2024 Berencana Menerbitkan 100 Waran Terstruktur

Foto : Vicky Rachman/SWA.

PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia berencana menerbitkan 100 waran terstruktur di 2024 ini. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memberikan persetujuan kepada CGS-CIMB Sekuritas Indonesia sebagai penerbit dan liquidity provider untuk meluncurkan produk investasi baru yaitu waran terstruktur. Sebagai langkah awal dalam mengejar target penerbitan hingga 100 waran terstruktur ini, CGS-CIMB Sekuritas meluncurkan meluncurkan 6 produk waran terstruktur di seri pertama pada awal pekan ini di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta.

Waran terstruktur ini underlying-nya adalah saham 6 perusahaan konstituen IDX30 yang likuiditasnya tinggi, memiliki kapitalisasi pasar (market capitalization) besar serta memiliki rata-rata volume transaksi tertinggi dan memiliki rata-rata nilai transaksi tertinggi. Keenam saham itu adalah saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)

Lim Kim Siah, President Director CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, mengatakan penerbitan waran terstruktur ini sebagai alternatif investasi di pasar modal Indonesia dan menunjukkan komitmen melayani investor saham, terutama bagi mereka yang memiliki profil risiko investasi agresif. “Harapan kami, dengan menggandeng 3 sekuritas lain PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk, MNC Sekuritas dan juga KB Valbury Sekuritas sebagai agen penjual di pasar perdana, dapat memperluas jangkauan pasar waran terstruktur dan untuk mendukung strategi investasi para investor terutama trader, serta meningkatkan total nilai harian transaksi di pasar modal kian meningkat,” ujar Lim di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Waran terstruktur ini memudahkan investor berinvestasi dengan modal yang lebih rendah, harga penerbitan yang lebih murah (underlying Sama), harga pelaksanaan yang lebih kompetitif dengan jatuh tempo yang lebih lama, dan CGS-CIMB Sekuritas adalah perusahaan sekuritas peringkat 5 teratas dengan MKBD (modal kerja bersih disesuaikan) yang kuat.

Keenam produk waran terstruktur dari 6 emiten tersebut akan jatuh tempo pada 5 November 2024, atau memiliki jangka waktu 9 bulan. Sebelumnya, waran terstruktur memasuki masa penawaran pada 24 – 30 Januari 2024, penjatahan pada 31 Januari – 1 Februari 2024, distribusi dan pengembalian sisa dana pada 2 Februari 2024, dan pencatatan perdana di waran terstruktur di Bursa Efek Indonesia pada 5 Februari 2024.

Sejalan dengan hal ini, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia juga terus berinisiatif mengadakan rangkaian seminar dan edukasi serta kolaborasi dengan BEI dalam hal literasi waran terstruktur. Dengan adanya produk investasi ini serta seiring bertambahnya jenis instrumen investasi di pasar modal, diharapkan dapat meramaikan aktivitas transaksi dari trader dan investor.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved