Technology

Pemilu Memicu Kreasi Platform Digital

Foto : Istimewa.

Berdasarkan data yang diperoleh dari laman infopemilu.kpu.go.id, sebanyak 43.2% calon anggota legislatif (caleg) DPR tidak mengisi informasi program kerja. Minimnya informasi tentang program kerja ini juga terlihat pada caleg di tingkat DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD. Terlebih lagi, sekitar 18.5% dari 258.000 lebih caleg ini tidak bersedia mempublikasikan profilnya.

Berarti hampir 1 dari 5 caleg bahkan tidak mau dikenal oleh calon pemilihnya. Sementara itu, ketersediaan informasi mengenai para caleg yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat masih sangat terbatas. Informasi yang minim pada baliho di sepanjang jalan tidak mencukupi untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai rekam jejak caleg.

Untuk menjembatani kekosongan informasi penting ini, dibuatlah suatu platform digital independen, nirlaba, nonpartisan dan imparsial bernama pilihyangbener.id. Welly Chan, salah satu inisiator pilihyangbener.id, menyatakan hingga saat ini informasi caleg yang tersedia itu masih minim. “Kami mengajak para calon pemilih, agar mencari tahu rekam jejak caleg secara online sebelum Pemilu. Dan cara yang paling praktis adalah lewat Simulasi Surat Suara dan halaman Pemilu pilihyangbener.id,” ujar Welly pada Senin (5/2/2024).

Pilihyangbener adalah platform digital independen, non-partisan, dan nirlaba yang didedikasikan untuk memudahkan masyarakat mencari informasi mengenai caleg dan pelayan masyarakat yang ada di sekitarnya serta meninggalkan komentar dan pesan di setiap profil dan unggahan. Wadah ini memungkinkan masyarakat, para caleg, pelayan masyarakat, dan komunitas memiliki tempat untuk bertemu secara online, berdiskusi, dan berkolaborasi.

Calon pemilih dihimbau menggali informasi lebih mendalam tentang rekam jejak Caleg seperti visi, misi, kegiatan, kontribusi, komitmen dan program mereka di tengah masyarakat selama ini. Apabila informasi rekam jejak, komitmen dan program ini tidak tersedia bagi publik, masyarakat akan kesulitan memilih caleg berdasarkan kompetensi, pengalaman dan rekam jejak lainnya.

Calon pemilih akan cenderung memilih secara asal-asalan atau golput. Untuk membantu warga mengenali nama-nama caleg yang akan muncul dalam Surat Suara, fitur Simulasi Surat Suara di dalam platform digital pilihyangbener ini akan membantu warga untuk melihat tampilan layout dan isinya yang menyerupai Surat Suara asli, sehingga mereka dapat mempelajari dan berlatih menemukan posisi parpol dan nomor urut caleg terbaik yang akan dicoblos.

Warga cukup mengizinkan pengambilan lokasi via GPS, atau memilih Kabupaten/Kota dan Kecamatan di TPS mereka, lalu akan muncul gambar sampul Surat Suara sesuai tingkatan legislatif di dapilnya, dan nama caleg bisa diklik untuk melihat detil informasi mengenai visi, program, dan rekam jejak mereka.

Melalui pilihyangbener.id, masyarakat dapat secara aktif melakukan penelitian terhadap rekam jejak caleg yang akan mewakili mereka dalam pembuatan undang-undang dan pengawasan anggaran di daerahnya. Masyarakat juga dapat secara langsung memberikan masukan atau aspirasi menggunakan fitur Suara Warga. Dari sisi caleg, mereka memiliki kesempatan untuk menampilkan rekam jejak secara online dengan tampilan yang terstruktur dan profesional.

Welly, dalam keterangan tertulisnya ini, menyebutkan Pilihyangbener memberikan solusi bagi Caleg yang ingin memperkenalkan diri mereka lebih dari sekadar baliho dan meyakini caleg yang memiliki integritas, kompetensi, dan pengalaman kerja yang baik akan senang dikenal dengan jelas oleh warga di dapilnya. “Mereka dapat membagikan visi, misi, program kerja, gagasan, dan kontribusi mereka untuk masyarakat, bahkan bersedia dibandingkan dengan caleg lain agar masyarakat dapat menemukan caleg yang paling kompeten mewakili rakyat. Dengan demikian, pilihyangbener.id ini menjadi sarana untuk menunjukkan transparansi caleg serta berinteraksi secara aktif dengan warga,” tuturnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved