Automotive

Penjualan Naik, Hankook Bukukan Laba US$1.017 Juta pada 2023

Peluncuran ban IoN Race Hankook untuk Formula E Jakarta 2023. (foto Ubaidillah/SWA)

Perusahaan ban global Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mengumumkan hasil penjualan tahunan sebesar Won Korea Selatan (KRW) 8.939,6 miliar atau US$6.848,1 juta dan laba operasional sebesar KRW 1.327,9 miliar atau US$1.017,2 juta berdasarkan hasil keuangan konsolidasi global untuk tahun 2023. Hal ini didorong oleh peningkatan penjualan yang naik signifikan.

Meskipun terjadi perlambatan ekonomi global, data tersebut mencerminkan kinerja tertinggi Hankook Tire sejak awal berdiri, dengan peningkatan penjualan sebesar 6,5% YoY dan laba operasional sebesar 88,1%. Lebih lanjut, pada kuartal keempat tahun 2023, hasil penjualan dan laba operasional mencapai masing-masing KRW 2.232,0 miliar dan KRW 492,4 miliar.

“Prestasi ini tercapai berkat strategi brand premium dan investasi proaktif secara terus-menerus dalam riset untuk mengantisipasi tren mobilitas masa depan. Pencapaian ini terutama dipicu oleh ekspansi brand “iON” dari Hankook Tire, sebuah rangkaian ban eksklusif untuk kendaraan listrik (EV) pertama di dunia,” kata Chairman Hankook Tire, Hyunbum Cho dalam rilis persnya, dikutip Selasa (6/2/2024).

Kinerja kuat perusahaan juga didorong oleh peningkatan pasokan ban untuk supercar dan brand premium global. Perusahaan juga berhasil meningkatkan penjualan ban mobil penumpang ukuran besar (18 inci ke atas), yang menunjukkan diversifikasi baru dalam portofolio bernilai tinggi.

“Di sisi lain, meskipun terjadi penurunan biaya bahan baku seperti karet sintetis dan carbon black serta biaya angkutan laut, upaya untuk mempertahankan harga yang kompetitif telah berkontribusi pada peningkatan kinerja. kami terus memperluas penjualan dan lini produk sejak memperkenalkan iON ke pasar global,” katanya.

Pada saat yang sama, perusahaan menjadi pemasok eksklusif dan mitra resmi dari kejuaraan balap mobil listrik terkemuka dunia, ABB FIA Formula E World Championship. Hankook Tire telah menjadi pemimpin pasar ban mobil listrik global berkat teknologi inovatif dan keahlian khusus yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun, bahkan sebelum mobil listrik menjadi umum dalam komersialisasi.

“Kami menjadi mitra resmi kejuaraan balap mobil listrik dunia. Hankook Tire telah memperkuat posisinya sebagai produsen ban premium dengan memasok sekitar 250 jenis ban mobil baru kepada sekitar 40 merek mobil global, termasuk Porsche, Mercedes-Benz, BMW, Audi, dan Tesla,”ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved